8 Kesalahan Umum yang Harus Dihindari Pelajar saat Belajar UTBK, Jangan Diabaikan

Kamis, 23 November 2023 - 11:22 WIB
loading...
8 Kesalahan Umum yang Harus Dihindari Pelajar saat Belajar UTBK, Jangan Diabaikan
Salah satu kesalahan umum yang biasa terjadi dan harus dihindari pelajar saat belajar UTBK adalah terlalu memforsir belajar sehingga kurang tidur. Foto/Ist
A A A
JAKARTA - Ini 8 kesalahan yang umum harus dihindari saat belajar UTBK. Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) merupakan ujian yang menjadi pintu gerbang masuk ke perguruan tinggi di Indonesia. Untuk mencapai hasil optimal, para pelajar harus mempersiapkan diri dengan baik.

Terjadinya kesalahan seringkali banyak dilakukan pelajar saat belajar untuk UTBK. Kesalahan-kesalahan inilah yang justru bisa menghambat mereka dalam meraih hasil maksimal dan bisa membuyarkan mimpi masuk kampus idaman.

Dilansir dari lembaga bimbingan belajar, Zenius Education, artikel kali ini akan membahas setidaknya ada 8 kesalahan umum yang harus dihindari pelajar saat belajar UTBK, apa saja? Simak penjelasan di bawah ini ya!

8 Kesalahan Umum yang Harus Dihindari saat Belajar UTBK


1. Belajar Diforsir Sampai Kurang Tidur


Banyak siswa yang sangat giat belajar sampai mengorbankan jam tidurnya. Padahal, tidur sangat penting untuk proses belajar. Belajar secara umum terdiri dari tiga tahap, yaitu akuisisi, konsolidasi, dan recall.

Akuisisi yaitu informasi baru masuk ke dalam otak. Konsolidasi yaitu proses memori menjadi lebih stabil. Selanjutnya, recall yaitu proses mengambil kembali informasi yang tersimpan. Tahap akuisisi dan recall berlangsung saat kita bangun. Sedangkan tahap konsolidasi memori berlangsung saat kita tidur dengan cara menguatkan koneksi antara neuron.

2. Tidak Mengetahui Cara Belajar Efektif


Salah satu aspek krusial yang kerap terabaikan dalam perjalanan persiapan UTBK adalah kurangnya pemahaman akan cara belajar yang efektif. Banyak pelajar, terlepas dari kecerdasan dan motivasi mereka, sering kali bingung tentang metodepembelajaran yang paling sesuai dengan gaya belajar individual mereka.

Mereka mengaku telah belajar berjam-jam, tetapi hanya sedikit materi yang dipahami atau diingat. Maka dari itu, penting untuk mempelajari teknik dan strategi belajar yang efektif.

3. Tidak Memahami Konsep Dasar Mata Pelajaran


Kesalahan lainnya adalah tidak memahami konsep dasar dari setiap mata pelajaran. Materi dasar dari akan sangat berguna untuk belajar materi-materi lanjutan dengan tingkat kesulitan yang lebih tinggi. Maka dari itu, sebaiknya konsep dasar ini diperkuat sebelum lanjut ke materi-materi tingkat lanjut.

4. Banyak Menghafal Bukan Memahami Materi


Pelajar sering tergoda untuk menghafal tanpa benar-benar memahami konsep, yang dapat menyulitkan ketika dihadapkan pada soal-soal yang memerlukan pemahaman mendalam.

Padahal sebagian besar soal UTBK menggunakan pendekatan Higher Order Thinking Skills (HOTS), untuk menjawab soal ini diperlukan pemahaman konsep suatu materi dan penerapannya. Tidak bisa hanya mengandalkan rumus-rumus cepat.

5. Cenderung Pasif Dalam Belajar


Ketika belajar UTBK, pelajar bisa menonton video pembelajaran atau membaca buku yang berisi materi UTBK. Pembelajaran seperti ini disebut sebagai belajar pasif.

Pembelajaran seperti ini akan lebih efektif kalau dikombinasikan dengan belajar aktif. Belajar aktif ini bisa dilakukan dengan berlatih soal tentang materi yang sudah ditonton atau dibaca, menjelaskan ulang materi yang dipelajari, atau membuat kuis sederhana menggunakan flashcard.

6. Terlalu Banyak Mengikuti Try Out Tanpa Deliberate Practice


Banyak pelajar yang terjebak dalam siklus mengikuti try out secara berulang tanpa memperhatikan kelemahan spesifik yang perlu ditingkatkan. Dalam proses ini, fokus pada kuantitas seringkali mengalahkan kualitas, sehingga potensi pembelajaran dari kesalahan tertentu dapat terabaikan.

Untuk meningkatkan kualitas belajar, pelajar perlu melakukan deliberate practice yang menekankan pentingnya latihan soal secara terus menerus yang difokuskan pada aspek-aspek spesifik dan memerlukan perencanaan yang matang.

7. Terbawa dengan Cara Belajar Teman


Ketika belajar, setiap orang memiliki kebutuhan serta kecepatan belajar yang berbeda. Meskipun demikian, seringkali pelajar terbawa arus dengan cara belajar teman-teman mereka tanpa mempertimbangkan apakah metode tersebut sesuai dengan gaya belajar pribadi mereka. Terlalu banyak mengikuti gaya belajar orang lain dapat mengakibatkan ketidakefektifan dalam belajar.

8. Belajar karena Terpaksa


Beberapa pelajar mungkin merasa tertekan oleh tuntutan akademis dan merasa perlu untuk belajar agar tidak merasa bersalah karena membuang-buang waktu. Namun, hal ini seringkali dapat mengarah pada dampak yang kurang diinginkan, yaitu pemahaman materi yang dangkal atau bahkan tidak memadai.
(wyn)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1495 seconds (0.1#10.140)