Mendarat di Kota yang Salah, Maskapai Nigeria Ini Salahkan Cuaca

Rabu, 29 November 2023 - 03:16 WIB
loading...
Mendarat di Kota yang Salah, Maskapai Nigeria Ini Salahkan Cuaca
Sebuah pesawat komersil di Nigeria mendarat di kota yang salah. Foto/Ilustrasi
A A A
ABUJA - Sebuah pesawat milik maskapai United Nigeria Airlines yang membawa lebih dari 100 penumpang tiba di bandara yang salah pada hari Minggu lalu.

Penerbangan itu seharusnya berangkat dari Lagos ke Abuja, Ibu Kota Nigeria, menempuh jarak 511 kilometer. Sebaliknya, pesawat tersebut terbang langsung ke Asaba, sebuah kota yang berjarak 371 kilometerdari Lagos dan 317 kilometer dari Abuja.

Penumpang menulis di X bahwa kru mengkonfirmasi kedatangan mereka di Abuja setelah mendarat, namun ternyata pilot diberikan rencana penerbangan yang salah dan mereka sebenarnya berada di Asaba.



Pihak maskapai membantah tuduhan tersebut dan mengklaim bahwa penerbangan tersebut dialihkan ke kota lain karena cuaca buruk. Menurut United Nigeria Airlines, kru telah diberitahu.

“Kami dengan tulus meminta maaf atas kesalahpahaman dalam (penerbangan) kami. Saat ini kami sedang mengambil langkah-langkah untuk mencegah kejadian serupa di masa depan. Penerbangan kami telah mendarat dengan selamat di Abuja dan kami berterima kasih atas kesabaran dan pengertian Anda,” katanya dalam sebuah pernyataan.

“Awak kabin membuat pengumuman yang salah saat mendarat dengan selamat di Asaba dan menimbulkan kebingungan di antara para penumpang,” tegas sekretaris pers perusahaan penerbangan tersebut, Achilleus-Chud Uchegbu, seperti dikutip dari RT, Rabu (29/11/2023).



Pada hari Senin, Otoritas Penerbangan Sipil Nigeria (NCAA) mengumumkan di X bahwa mereka telah memulai penyelidikan terhadap keadaan seputar penerbangan United Nigeria NUA 0506 ke Asaba dan kebingungan yang ditimbulkannya di ranah publik.

Menteri Penerbangan dan Pengembangan Dirgantara Nigeria Festus Keyamo memerintahkan NCAA untuk mengumpulkan semua pilot dan awak yang bekerja di Nigeria dalam 72 jam berikutnya untuk pengarahan tambahan.

Selain itu, semua pesawat sewaan di United Nigeria Airlines telah ditangguhkan oleh NCAA. Maskapai ini beroperasi terutama dengan jenis pesawat ini, yang berarti pesawat dan awaknya dimiliki oleh maskapai lain, dan penerbangan tersebut telah dibatalkan.

(ian)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1227 seconds (0.1#10.140)