Indra Sjafri Kembangkan Bibit Sepak Bola Karawang

Senin, 11 Desember 2017 - 16:53 WIB
Indra Sjafri Kembangkan Bibit Sepak Bola Karawang
Indra Sjafri Kembangkan Bibit Sepak Bola Karawang
A A A
KARAWANG - Pelatih sepak bola nasional Indra Safri akan membuka Akademi Sepak bola Karawang awal tahun 2018. Akademi tersebut akan menjaring bibit pemain sepak bola asal Karawang hingga Jawa Barat. Diharapkan, dari kawah candradimuka tersebut muncul pemain berkualitas yang tak hanya menjadi pemasok klub lokal, juga pemain sekaliber tim nasional.

Kabupaten Karawang dipilih untuk pertama kalinya membuka akademi sepak bola karena melihat kesungguhan dari pemerintah daerah Kabupaten Karawang membesarkan pesepak bola lokal.

"Keputusan saya membuka akademi sepak bola di Karawang ini karena tawaran dari Wakil Bupati Kawarang Ahmad Zamaksyari untuk membesarkan sepak bola di Karawang," kata Indra Safri, Senin (11/12/2017). "Dari Karawang ini saya berharap akan muncul bibit pemain sepak bola nasional,"

Kabupaten Karawang memiliki klub sepak bola Persika yang saat ini masuk kompetisi nasional liga 2. Keberhasilan Persika Karawang menjadi satu-satunya wakil Jawa barat yang masuk liga 2 karena dukungan kuat dari pemerintah daerah.

Menurut Indra dalam jangka pendek Akademi Sepak Bola Karawang ini akan memasok pemain untuk Persika. Nantinya pemain yang akan dijaring sebanyak 24 bibit pemain yang diambil dari berbagai klub sepak bola setiap kecamatan. Setelah itu, akan dibagi dua kelompok berdasarkan kelompok umur U-17 hingga U-19.

"Para pemain inilah nantinya akan memperkuat Persika Karawang mengikuti turnamen liga. Pemain ini nantinya punya tanggung jawab besar mengantar Persika promosi Liga 1," katanya.

Indra menambahkan, pemain yang masuk Akademi Sepak Bola Karawang tidak dipungut bayaran. Seluruh biaya kegiatan akademi sepak bola akan ditanggung klub Persika Karawang yang diatur oleh managemen. "Jadi pencarian bibit sepak bola ini betul-betul untuk kepentingan Persika Karawang. Akademi sepak bola ini nantinya juga untuk kepentingan sepak bola nasional," katanya.

Sementara Itu Wakil Bupati Karawang Ahmad Zamaksyari gembira dengan keputusan Indra safri membuka akademi sepak bola di Karawang. Dengan hadirnya mantan pelatih timnas U-19 itu di Karawang dia berharap sepak bola di Karawang bisa lebih maju lagi.

"Nama besar Indra Safri tidak diragukan lagi dalam sepak bola. Apalagi beliau mau berbagi ilmunya di Karawang kita sangat bersyukur. Pemerintah daerah tentunya akan mendukung sepenuh hati untuk keberhasilan akademi sepak bola di Karawang ini." kata Ahmad.

Ahmad mengatakan bantuan pemerintah daerah tentunya dibatasi oleh aturan sehingga tidak bisa menggunakan anggaran APBD untuk klub sepak bola Persika Karawang. Pemerintah hanya mempersiapkan infrastruktur pendukung seperti fasilitas stadion ataupun infrastruktur lainnya.

"Kami mendukung Persika promosi ke Liga 1. Tapi, dukungan kami tentunya tidak harus menggunakan anggaran negara. Kami akan menjadi fasilitator ke pihak industri yang ada di Karawang untuk menjadi sponsor," ujarnya.
(sha)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6827 seconds (0.1#10.140)