Survei Membuktikan, Mobil Listrik Sulit Diandalkan Dibanding Mobil Konvensional

Jum'at, 01 Desember 2023 - 14:33 WIB
loading...
Survei Membuktikan, Mobil Listrik Sulit Diandalkan Dibanding Mobil Konvensional
Survei dari Consumer Reports menyebutkan fakta yang mencengangkan. Ternyata mobil listrik sulit diandalkan dibanding mobil konvensional. Foto/IST
A A A
WASHINGTON - Survei dari Consumer Reports menyebutkan fakta yang mencengangkan. Ternyata mobil listrik sulit diandalkan dibanding mobil konvensional.

Consumer Reports dalam laporan bertajuk Consumer Reports 2023 menyebutkan sebanyak 80% mobil listrik yang dijual sepanjang 2021 mengalami masalah dibanding mobil konvensional dengan pembakaran internal.

Sumber data sendiri diolah dari daftar kepemilikan mobil listrik dari tahun 2021 hingga 2023 yang ada di Amerika Serikat. Kemudian mencari tahu masalah apa saja yang timbul selama memiliki mobil listrik, dan membandingkan dengan mobil konvensional.



Dari situ pemilik mobil listrik mengaku selalu mengalami masalah dengan baterai dan sistem charging mobil listrik. Selain itu, ada masalah dari konstruksi mobil, seperti beberapa panel bodi tidak tersambung sempurna.

“Masalah-masalah tadi jadi hal yang memusingkan buat produsen mobil listrik,” sebut Jake Fisher, Director of Auto Testing di Consumer Reports dikutip dari AP, Jumat (1/12/2023).

Lebih lanjut Consumer Reports mengatakan masalah-masalah tersebut justru menambah problem yang sebelumnya dikhawatirkan banyak orang. Misalnya masalah minimnya charging station, pengisian baterai yang terlalu lama, hingga harga mobil listrik yang masih mahal.

Jake Fisher mengatakan sebenarnya mobil-mobil listrik terbaru yang keluar di 2023 sedikit menurunkan persentase masalah jika dibandingkan dengan mobil konvensional. Hanya saja hal itu terjadi karena mobil listrik itu masih dalam keadaan baru.



"Mobil listrik baru justru akan meningkat masalahnya begitu usia pemakaian bertambah," terang Jake Fisher.

Masih dalam laporan yang sama, Consumer Reports juga merilis daftar merek mobil yang bisa diandalkan. Dalam laporan itu Lexus berada di posisi pertama. Setelahnya disusul oleh Toyota, Mini, Acura, dan Henda.

Tesla sendiri justru ada di posisi 14 dari total 30 daftar merek mobil yang masuk. Lima peringkat terbawah diketahui adalah Jeep, Volkswagen, Rivian, Mercedes-Benz, dan Chrysler.
(wib)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1690 seconds (0.1#10.140)