Penjelasan Gattuso, Milan Kembali ke Tradisi Empat Bek

Minggu, 17 Desember 2017 - 14:43 WIB
Penjelasan Gattuso, Milan Kembali ke Tradisi Empat Bek
Penjelasan Gattuso, Milan Kembali ke Tradisi Empat Bek
A A A
VERONA - AC Milan di bawah arahan Gennaro Gattuso kembali menggunakan formasi empat pemain belakang. Gattuso meninggalkan skema yang biasa diusung pelatih sebelumnya Vincenzo Montella yang kerap menggunakan tiga pemain belakang dalam formasi 3-2-3-2 atau 3-4-2-1.

Milan akan dijamu Hellas Verona pada giornata ke-18 Serie A 2017/2018 di Stadio M. A. Bentegodi, Minggu (17/12/2017) pukul 18.30 WIB. Ini laga kedua dalam sepekan ini, setelah kedua tim bertemu di babak 16 besar Coppa Italia, Rabu (13/12/2017), dengan dengan Milan menang 3-0 di San Siro.

Dengan empat pemain belakang, Milan memetik dua kemenangan beruntun. Unggul 2-1 atas Bologna, dan menang 3-0 atas Hellas Verona. Gattuso menjelaskan mengapa dia mematenkan formasi dengan empat pemain belakang. "Saya memilih kembali ke pertahanan empat pemain setelah kalah dari Rijeka (di Liga Europa)," ungkap Gattuso dalam konferensi pers.

Milan dikalahkan Rijeka 0-2 pada laga terakhir penyisihan Grup D Liga Europa. Gattuso menjelaskan, dia bersama stafnya mengevaluasi babak pertama, dan semua pergerakan terlihat salah. "Saya tidak suka apapun tentang itu. Saya kemudian berbicara dengan empat atau lima pemain di sesi latihan berikutnya."

"Saya ingin memiliki hubungan langsung dengan pemain. Harus ada rasa saling menghormati dan ruang ganti adalah tentang setiap orang yang saling membantu. Saya berharap banyak dari pemain saya di lapangan, tapi saya membiarkan mereka bertanggung jawab di ruang ganti. Saya bermain bertahun-tahun dan banyak sampah sering diucapkan di sana, jadi saya berusaha menghindari keterlibatan."

Hakan Calhanoglu sudah kembali dari cedera dan Gattuso percaya dia bisa bersinar dalam formasi 4-3-3. "Lihat dia saat di Bayer Leverkusen, di mana dia adalah gelandang box-to-box. Dia bisa melakukan semuanya tanpa masalah berkat teknik dan stamina yang dimiliki."

"Fabio Borini juga bisa mengambil peran apapun. Jika Anda bilang kepadanya untuk menjadi kiper, dia akan ambil sarung tangan dan melangkah tepat di antara tiang, sebab dia pemain yang tidak menyerah. Dia punya semangat dan rasa lapar pada semua yang dia lakukan."

Soal Hellas Verona yang dikalahkan Milan di hari Rabu lalu, Gattuso mengatakan, "Ini akan menjadi permainan yang sama sekali berbeda. Mereka selalu tangguh di Bentegodi dan Verona tampil penuh semangat di stadion mereka sendiri. Sejarah kami juga mengatakan bahwa ini adalah arena terkutuk bagi Milan dan kami selalu berjuang di sini."
(sha)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.1715 seconds (0.1#10.140)