7 Kesalahan Fatal Israel saat Mengakhiri Gencatan Senjata di Gaza

Sabtu, 02 Desember 2023 - 21:21 WIB
loading...
7 Kesalahan Fatal Israel saat Mengakhiri Gencatan Senjata di Gaza
Tentara Israel melakukan banyak kesalahan fatal dengan menyerang Gaza selepas gencatan senjata. Foto/Reuters
A A A
GAZA - Gencatan senjata sudah berakhir. Perundingan yang menegangkan berlanjut di Qatar pada hari Kamis, setelah perpanjangan jeda kemanusiaan yang sedikit, hanya 24 jam, dicapai beberapa menit sebelum berakhirnya jangka waktu yang disepakati sebelumnya.

Namun pada Jumat pagi, pertempuran kembali terjadi karena batas waktu jeda telah berakhir. Militer Israel mengeluarkan pernyataan yang mengatakan bahwa mereka telah melanjutkan pertempuran melawan Hamas di Jalur Gaza, menuduh kelompok bersenjata Palestina melanggar ketentuan gencatan senjata dengan menembak ke wilayah Israel. Ada laporan ledakan dan tembakan di Jalur Gaza utara.

Berikut Adalah 7 Alasan Kesalahan Israel dengan Mengakhiri Gencatan Senjata di Gaza

1. Tidak Ingin Menimbulkan Keragu-raguan dan Melemahkan Moral Tentara

7 Kesalahan Fatal Israel saat Mengakhiri Gencatan Senjata di Gaza

Foto/Reuters

Militer Israel telah lama menganjurkan kelanjutan perang. Pada hari Rabu saya menjelaskan pemikiran staf umum Angkatan Darat: kecuali mereka diberitahu bahwa perang telah berakhir, mereka menganggap perang belum berakhir.

"Oleh karena itu, mereka lebih memilih untuk melanjutkannya secepat mungkin, menyelesaikannya secepat mungkin, sebaiknya tanpa penghentian apa pun yang menimbulkan keragu-raguan dan melemahkan moral," kata Zoran Kusovac, analis Perang Gaza, dilansir Al Jazeera.


2. Mengutamakan Pendekatan Militer yang Agresif

7 Kesalahan Fatal Israel saat Mengakhiri Gencatan Senjata di Gaza

Foto/Reuters

Sejak keputusan untuk menindaklanjuti serangan tanggal 7 Oktober dengan respons bersenjata keras, pendekatan militer paling agresif dianjurkan oleh Menteri Pertahanan Yoav Gallant.

Perdana Menteri Benjamin Netanyahu mempertahankan sikap hawkish selama krisis ini, namun ia lebih memilih untuk tampil sebagai pemimpin secara keseluruhan, dan menyerahkan urusan militer sepenuhnya ke tangan mantan prajurit karir tersebut.

"Gallant, yang sampai saat ini adalah seorang jenderal aktif yang memulai karirnya sebagai komando angkatan laut dan memimpin invasi Israel ke Gaza pada tahun 2010, tidak suka berbasa-basi," ujar Kusovac.

Awal tahun ini dia memperingatkan Hizbullah bahwa Israel akan “mengembalikan Lebanon ke Zaman Batu” jika diserang.

Pada awal operasi melawan Gaza, dia menyebut musuh Israel sebagai “manusia binatang”. "Para anggota militer, mulai dari jenderal tertinggi hingga pasukan cadangan terakhir, tidak ragu bahwa apa yang dikatakan Gallant mencerminkan kebijakan resmi," jelas Kusovac.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0952 seconds (0.1#10.140)