Rekor yang Bakal Tercipta di Laga El Clasico

Kamis, 21 Desember 2017 - 11:41 WIB
Rekor yang Bakal Tercipta di Laga El Clasico
Rekor yang Bakal Tercipta di Laga El Clasico
A A A
MADRID - Laga prestisius bertajuk El Clasico akan menghibur penikmat sepak bola di seluruh dunia. Pertandingan klasik dua kesebelasan seteru abadi di Spanyol yakni Real Madrid versus Barcelona bakal tersaji di Santiago Bernabeu, pada Sabtu (23/12/2017).

Laga El Clasico edisi 237 di semua kompetisi ini lebih dari sekadar pertandingan sepak bola, karena Madrid maupun Barcelona memiliki idealisme yang saling bertabrakan. Los Blancos diketahui merupakan klub dengan basis penggemar yang menganut paham nasionlis, sedangkan penggemar Blaugrana mencoba untuk menemukan identitasnya sebagai warga Catalonia.

Dari sini bisa dilihat bahwa pertandingan diprediksi bakal berlangsung dengan tensi tinggi. Lantas catatan apa saja yang bakal tersentuh pada laga El Clasico di akhir pekan ini?

Berikut Tiga Rekor yang Bakal Tercipta di Laga El Clasico

1. Gol ke-400 Madrid

Real Madrid mendapat keuntungan jelang menghadapi Barcelona. Selain berstatus sebagai tuan rumah, statistik pertemuan mereka dengan klub asal Catalan cukup bagus.

Dari 236 pertemuan melawan Barcelona, Madrid sudah mengumpulkan 95 menang, 92 kalah, dan 49 kali meraih hasil imbang. Rekor produktivitas gol El Real tak kalah mentereng. Tim besutan Zinedine Zidane saat ini sudah mengoleksi 399 gol, sedangkan Barcelona 384 gol selama bentrok di laga El Clasico.

Artinya, Madrid hanya membutuhkan satu gol saja untuk menggenapi torehannya menjadi 400 gol. Catatan bersejarah ini yang kemungkinan bakal terjadi selama akhir pekan ini.

2. Cristiano Ronaldo, Marco Asensio, Lionel Messi, atau Luis Suarez

Seperti biasa laga El Clasico selalu membicarakan mengenai sosok Cristiano Ronaldo atau Lionel Messi. La Pulga misalnya, pemain asal Argentina itu dikenal sebagai pencetak gol terbanyak sepanjang sejarah dengan mengumpulkan 24 gol.

Sebanyak 14 gol diantaranya dicetak Messi di Santiago Bernabeu. Jika pemain mungil bernomor punggung 10 itu bukan yang membuat rekor untuk Barca, bisa jadi Luis Suarez yang melakukannya. Suarez telah mencetak empat gol di enam laga La Liga El Clasico yang telah dimainkan.

Suaraz merupakan pemain yang telah mencetak gol terbanyak versus Madrid dalam kompetisi tersebut sejak dia melakukan debutnya bersama Barcelona pada 2014. Lain halnya jika berbicara tentang Ronaldo, CR7 memegang rekor untuk mencetak gol dalam pertandingan El Clasico berturut-turut.

Ronaldo pernah mencetak gol secara beruntun (6) dan itu terjadi pada 2012 lalu. Selain itu, Ronaldo telah mencetak 17 gol melawan Barcelona di semua kompetisi sejak bergabung dengan Madrid pada 2009. Dia hanya membutuhkan satu gol untuk menyamai rekor legenda Madrid, Alfredo Di Stefano, sebagai pencetak gol terbanyak sepanjang masa di El Clasico.

Tapi jika Ronaldo gagal mencetak gol, Madrid masih punya Marco Asensio. Gelandang nomor 20 itu sejuh ini telah menyumbangkan dua gol secara beruntun di laga El Clasico. Jika dia mencetak gol pada 23 Desember, ia akan bergabung dengan Ronaldo sebagai satu-satunya pemain Madrid di abad ini yang mencetak gol dalam tiga pertandingan langsung melawan Barcelona.

3. Pelatih Pertama Menang Tiga Laga El Clasico

Zinedine Zidane bisa menjadi pelatih Madrid pertama yang memenangkan tiga pertandingan berturut-turut melawan Barcelona di semua kompetisi sejak Di Stefano - yang memenangi empat game langsung antara 1983 dan 1990. Di sisi lain, Ernesto Valverde telah kehilangan kedua pertandingannya melawan Madrid sebagai pelatih.

Jika Barcelona gigit jari di Santiago Bernabeu, maka Valverde akan berada dalam daftar pelatih kedua Barcelona yang gagal memetik kemenangan di tiga pertandingan pertamanya secara beruntun. Posisi pertama masih ditempati Patrick O'Connell dengan empat kekalahan beruntun pada 1940.
(bbk)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7302 seconds (0.1#10.140)