3 Letnan Jenderal Aktif di Mabes TNI AD yang Berasal dari Satuan Kopassus, 2 di Antaranya Eks Pangdam

Jum'at, 08 Desember 2023 - 10:41 WIB
loading...
3 Letnan Jenderal Aktif di Mabes TNI AD yang Berasal dari Satuan Kopassus, 2 di Antaranya Eks Pangdam
Ada beberapa nama pemegang pangkat Letnan Jenderal di Mabes TNI AD yang berasal dari satuan Kopassus. Foto/Dok. Ist
A A A
JAKARTA - Ada beberapa nama pemegang pangkat Letnan Jenderal di Mabes TNI AD yang berasal dari satuan Kopassus . Salah satunya menjabat Panglima Kostrad.

Letnan Jenderal merupakan salah satu pangkat TNI yang masuk kategori perwira tinggi (Pati). Setara bintang tiga, letaknya setingkat lebih tinggi dari Mayor Jenderal (bintang 2) dan satu tingkat di bawah Jenderal TNI (bintang 4).

Pada penugasannya, para pemegang pangkat Letnan Jenderal ini terbagi pada sejumlah tempat berbeda. Beberapa di antaranya juga ditempatkan di Mabes TNI AD (Mabesad).

Melihat nama-namanya, ada beberapa yang diketahui berasal dari satuan Korps Baret Merah. Siapa sajakah mereka?

Letnan Jenderal Aktif di Mabes TNI AD yang Berasal dari Kopassus


1. Letjen TNI Muhammad Saleh Mustafa - Pangkostrad

3 Letnan Jenderal Aktif di Mabes TNI AD yang Berasal dari Satuan Kopassus, 2 di Antaranya Eks Pangdam


Letnan Jenderal TNI Muhammad Saleh Mustafa merupakan salah seorang perwira tinggi (Pati) TNI Angkatan Darat. Belum lama ini, ia baru saja ditunjuk menjadi Panglima Kostrad.



Pada tugas barunya, Saleh Mustafa menggantikan Jenderal TNI Maruli Simanjuntak yang diangkat menjadi Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD). Sebelumnya, ia diketahui sempat menjabat posisi Kepala Staf Kostrad (Kaskostrad).

Saleh Mustafa lahir di Ternate, Maluku Utara, 14 Maret 1969. Ia tercatat sebagai jebolan Akademi Militer (Akmil) 1991 dari kecabangan Infanteri (Kopassus).

Saat berada di Korps Baret Merah, ia pernah menjabat Danyon 23 Grup 2/Kopassus, Waasops Danjen Kopassus, hingga Dan Grup 1/Kopassus (2012-2013). Seiring waktu, karier militer Saleh Mustafa terus melejit.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1625 seconds (0.1#10.140)