Mahfud MD Berjanji Bakal Libas Para Koruptor

Minggu, 10 Desember 2023 - 06:13 WIB
loading...
Mahfud MD Berjanji Bakal Libas Para Koruptor
Calon wakil presiden nomor urut 3 Mahfud MD saat menyampaikan orasi memperingati Hari Antikorupsi Sedunia di hadapan anak-anak muda Kota Bandung, Sabtu (9/12/2023). Foto/Istimewa
A A A
JAKARTA - Calon wakil presiden nomor urut 3 Mahfud MD memberi peringatan keras kepada para koruptor. Dia bersama calon presiden Ganjar Pranowo akan libas dan memberantas korupsi jika terpilih pada Pilpres 2024.

“Ganjar dan Mahfud adalah peluru tak terkendali untuk memberantas korupsi. Para koruptor hati-hati, kalau kami menang pilpres, Insyaallah kami akan libas dan berantas korupsi,” kata Mahfud dalam orasi memperingati Hari Antikorupsi Sedunia di hadapan anak-anak muda Kota Bandung, Sabtu (9/12/2023).

Menurut Mahfud, Hari Antikorupsi Sedunia yang diperingati Sabtu, 9 Desember 2023 merupakan momentum untuk kembali menggelorakan pemberantasan korupsi. Korupsi, kata dia, bukanlah budaya, melainkan kejahatan.





“Kalau korupsi dianggap budaya, bisa dipastikan negara itu akan hancur,” kata Menko Polhukam itu.

Gara-gara korupsi yang merajalela, berdasarkan survei Transparansi Internasional, IPK Indonesia pada 2022 turun empat poin menjadi 34 dari skor 0-100. Turunnya IPK Indonesia ini membuat Indonesia berada pada posisi 110 dari 180 negara terkorup.

“Mengapa skor Indonesia turun? Ini dimulai sejak terjadinya pelemahan KPK melalui revisi Undang-Undang KPK pada 2019,” ujar dia.

Penurunan ini menjadi catatan buruk atas komitmen pemerintah dalam memberantas korupsi di Tanah Air. Kenapa? “Karena menaikkan satu poin saja susahnya bukan main. Lha ini tiba-tiba turun drastis,” kata dia.

Pertanyaannya, bukankah Mahfud ikut terlibat dalam revisi Undang-Undang KPK itu? “Tidak. Saya tidak ikut. Revisi Undang-Undang KPK itu disahkan DPR pada September. Sementara saya dilantik menjadi menteri pada Oktober. Saya termasuk orang yang mengusulkan agar revisi itu dibatalkan,” kata dia.

Mahfud menegaskan, korupsi yang masih merajalela ini mencoreng nama bangsa. Korupsi, kata dia, merusak dan menghancurkan berbagai sendiri kehidupan manusia. Mulai bidang sosial, politik, ekonomi, budaya, demokrasi, dan agama.

“Sering orang korupsi itu mencari dalil-dalil pembenaran agama. Kita sering lihat koruptor yang semula bercelana pendek tiba-tiba mengenakan jilbab ketika ditangkap, ngajak kiai, menyebut suaminya baik-baik,” pungkasnya.
(rca)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1182 seconds (0.1#10.140)