Awas! 5 Pintu Air di Waduk PLTA Koto Panjang Riau Dibuka

Rabu, 13 Desember 2023 - 18:22 WIB
loading...
Awas! 5 Pintu Air di Waduk PLTA Koto Panjang Riau Dibuka
Lima pintu air di waduk PLTA Koto Panjang, Riau, dibuka karena ada kenaikan elevasi debit air. Foto/MPI/Banda Haruddin Tanjung
A A A
KAMPAR - Lima pintu air di waduk PLTA Koto Panjang, Kabupaten Kampar, Riau, dibuka seluruhnya untuk membuang kelebihan air. Masyarakat yang ada di sepanjang aliran sungai dari waduk tersebut, diimbau untuk waspada terhadap peningkatan debit air.



Menurut Manajer PLTA Koto Panjang, Cecep Sofhan Munawar, pembukaan lima pintu air waduk tersebut dilakukan karena adanya kenaikan elevasi debit air. Dengan pembukaan ini, tentunya akan terjadi kenaikan ketinggian air di Sungai Kampar yang perlu diwaspadai.



"Dikarenakan elevasi dalam waktu beberapa hari ini tidak ada penurunan, maka mulai hari ini pukul 15.00 WIB, dilakukan penambahan pembukaan pintu spillway 2x40 cm total bukaan 5x40 cm," kata Cecep, Rabu (13/12/2023).



Dalam beberapa pekan ini, pihak PLTA Koto Panjang, sudah melakukan pembukaan sebanyak tiga pintu air. Hal ini dilakukan, karena intesitas hujan cukup tinggi di sekitar PLTA, dan di kawasan atas PLTA.

"Ini sehubungan dengan tingginya curah hujan di sisi hulu, sehingga menyebabkan tingginya debit air (inflow) yang bermuara di waduk PLTA Koto Panjang, sehingga debit air di waduk bertambah," imbuhnya.

Terkait hal tersebut, pihak PLTA sudah memberitahukan akan dibukanya seluruh pintu pelimpahan air waduk kepada pihak Pemkab Kampar. Pembukaan pintu pelimpahan air waduk ini, sudah berdampak meningkatnya 20 cm ketinggian air Sungai Kampar.



Sementara itu, Babinkamtibmas Desa Merangin, Polsek Bangkinang Barat, Wawan Asroy Harahap mengatakan, sudah berkordinasi dengan Babinkamtimnas lainnya yang berada di aliran Sungai Kampar, untuk menyosialiasikan pembukaan pintu air waduk ini ke warga.

"Kita himbau kepada warga untuk tidak melakukan aktivitas yang membahayakan, seperti mandi di Sungai Kampar. Kepada petani karamba, diminta untuk mengecangkan ikatan karambanya, agar tidak terseret arus arus air," pungkasnya.
(eyt)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1716 seconds (0.1#10.140)