Gunung Bromo Rawan Letusan Freatik, Pengunjung Dilarang Mendekat

Rabu, 13 Desember 2023 - 23:15 WIB
loading...
Gunung Bromo Rawan Letusan Freatik, Pengunjung Dilarang Mendekat
Kawasan wisata Gunung Bromo. Foto/MPI/Avirista Midaada
A A A
MALANG - Aktivitas vulkanik Gunung Bromo, mengalami peningkatan. Hal itu salah satunya ditandai dengan munculnya kepulan asap kelabu dari dalam kawah. Para pengunjung dilarang keras mendekati kawah, dengan radius 1 km.



Adanya peningkatan aktivitas vulkanik Gunung Bromo tersebut, juga didasarkan dari laporan hasil pengamatan yang dilakukan Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG).



Balai Besar Taman Nasional Bromo Tengger Semeru (BB-TNBTS), langsung mengeluarkan peringatan dini dan kewaspadaan ke para wisatawan, pelaku usaha pariwisata, dan masyarakat di sekitar kawasan Gunung Bromo.



"Masyarakat di sekitar Gunung Bromo, pengunjung, wisatawan, pendaki, pedagang, dan pelaku jasa wisata, agar tidak memasuki areal dalam radius satu kilometer dari kawah aktif Gunung Bromo," kata Kepala BB-TNBTS, Hendro Widjanarko, Rabu (13/12/2023).

Hendro juga meminta wisatawan, para pelaku wisata, dan masyarakat sekitar juga mewaspadai adanya letusan freatik yang diakibatkan aktivitas vulkanik Gunung Bromo. Apalagi letusan itu disebut PVMBG bersifat tiba-tiba.

"Masyarakat di sekitar Gunung Bromo, pengunjung, wisatawan, pendaki, pedagang, dan pelaku jasa wisata, agar mewaspadai terjadinya letusan freatik yang bersifat tiba-tiba dan tanpa didahului oleh gejala-gejala vulkanik yang signifikan," katanya.

Gunung Bromo Rawan Letusan Freatik, Pengunjung Dilarang Mendekat
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3479 seconds (0.1#10.140)