President University Jadi Satu-satunya PTS Penerima Beasiswa Hyundai Motor

Jum'at, 15 Desember 2023 - 17:24 WIB
loading...
President University Jadi Satu-satunya PTS Penerima Beasiswa Hyundai Motor
Rektor President University Prof. Dr. Chairy (kanan) dan Sekretaris Jenderal Hyundai Motor Chung Mong-Koo Foundation John Choi (kiri). Foto/PresUniv.
A A A
JAKARTA - Empat universitas terkemuka di Indonesia menandatangani MoU dengan Hyundai Motor Chung Mong-Koo Global Scholarship. Universitas tersebut adalah Universitas Indonesia, Universitas Gadjah Mada, Institut Teknologi Bandung, dan President University .

Dokumen MoU ditandatangani oleh John Choi, Sekretaris Jenderal Hyundai Motor Chung Mong-Koo Foundation, dengan perwakilan dari beberapa universitas tersebut.

Dari President University, dokumen MoU ditandatangani oleh Rektor Prof. Chairy. “President University adalah satu-satunya universitas swasta yang menerima beasiswa dari Hyundai Motor Chung Mong-Koo Foundation," katanya, melalui siaran pers, Jumat (15/12/2023).

Baca juga: President University Gelar Wisuda ke-19, Lulusan Meningkat 38 Persen

Rektor President University Prof. Dr. Chairy mengatakan, hubungan Indonesia dan Korea Selatan di berbagai sektor saat ini tengah mencapai puncaknya. Hadirnya Korean Wave di Indonesia telah memberikan kontribusi yang sigfinikan dalam penguatan ikatan budaya antara Indonesia dengan Korea Selatan.

K-Pop dan K-Drama telah menjadi jembatan budaya yang melampaui batas, menghubungkan antara penggemar di Indonesia dengan dunia hiburan Korea Selatan yang begitu dinamis.

Terkait dengan beasiswa Hyundai Motor Chung Mong-Koo Foundation, beasiswa ini untuk mahasiswa sarjana. Sebelumnya, beasiswa hanya diberikan kepada mahasiswa program magister dan doktor. Beasiswa ini akan diberikan kepada 20 mahasiswa Indonesia setiap tahunnya.

Mereka adalah mahasiswa dari jurusan industri, manajemen dan ekonomi, sastra dan kebudayaan Korea, serta kebijakan pembangunan.

Lewat beasiswa tersebut, mahasiswa akan mengikuti perkuliahan reguler selama dua semester di Seoul National University, Korea University, Yonsei University dan Hanyang University. Selain itu, mahasiswa juga akan mengikuti program liburan musim dingin atau musim panas di kampus tersebut.

Baca juga: Mau Kuliah Gratis di President University, Ini Beasiswa Jababeka Bagi Siswa SMA yang Perlu Diketahui

Nama Hyundai Motor Chung Mong-Koo Foundation digunakan untuk mengenang nama Chung Mong-Koo, Honorary Chairman dan mantan CEO Hyundai Motor Group, yang dikenal sangat peduli dengan pengembangan talenta-talenta. Hyundai adalah produsen mobil terbesar di Korea Selatan. Sementara, Hyundai Group adalah salah satu konglomerat terbesar di negara itu.

Menurut Prof. Chairy, pemberian beasiswa tersebut mencerminkan dedikasi Hyundai Motor Chung Mong-Koo Foundation dan perguruan tinggi dalam berinvestasi pada pengembangan modal intelektual Indonesia.

“Ini sekaligus menunjukkan komitmen Korea Selatan untuk ikut berperan dalam menghasilkan pemimpin-pemimpin masa depan. Mereka ini kelak akan ikut berkontribusi pada kemajuan hubungan dua negara tersebut,” tuturnya.

Kesediaan Hyundai Motor Chung Mong-Koo Foundation untuk memberikan beasiswa, tegas Chairy, sekaligus merupakan bukti pengakuan Korea Selatan terhadap potensi Indonesia.
(nnz)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.4157 seconds (0.1#10.140)