Siti Atikoh Ajak Ciptakan Sendiri Kedaulatan Pangan Mulai dari Rumah Tangga

Minggu, 17 Desember 2023 - 20:47 WIB
loading...
Siti Atikoh Ajak Ciptakan Sendiri Kedaulatan Pangan Mulai dari Rumah Tangga
Istri calon presiden nomor urut 3 Ganjar Pranowo, Siti Atikoh Supriyanti mengatakan, kedaulatan pangan bisa diciptakan mulai dari scope yang paling kecil, yaitu rumah tangga. Foto/Dok
A A A
SEMARANG - Istri calon presiden nomor urut 3 Ganjar Pranowo , Siti Atikoh Supriyanti mengatakan, kedaulatan pangan bisa diciptakan mulai dari scope yang paling kecil, yaitu rumah tangga. Hal itu dikatakan Atikoh saat mengunjungi masyarakat di Pasar Jaten, Kampung Jawi, Semarang, Jawa Tengah, Minggu (17/12/2023).



Saat berkunjung ke pasar tersebut, perhatian Atikoh tertuju ke Kelompok Wanita Tani (KWT) yang telah menghasilkan bawang merah dengan kualitas Prima.“Ibu-ibu KWT luar biasa sekali, bahkan bawang merah dengan kualitas prima sudah bisa di hasilkan ya, mungkin nanti ke depannya untuk pasca panen bisa mulai dilakukan dengan kemasan tentu yang bagus juga,” ujar Atikoh.

Melihat keberhasilan KWT, dia kemudian menyinggung soal cabai, kangkung, selada air yang pernah ditanamnya sendiri. Menurutnya, menciptakan ketahanan pangan melalui bercocok tanam seperti cabai tidak sulit karena tak membutuhkan lahan yang luas.

“Jadi kalau masalah kedaulatan pangan salah satunya adalah kita benar-benar memanfaatkan walaupun sejengkal tanah, tadi saya lihat kangkung. Saya juga pernah mempraktekkan, kemudian selada air itu juga pernah mempraktekkan. Kita bisa memastikan bahwa produknya itu organik dan sekaligus itu wujud kedaulatan pangan yang diciptakan sendiri,” ucapnya.



Pada kunjungannya tersebut, Siti Atikoh juga sekaligus menemui beberapa pelajar SMK yang mempunyai keinginan kuat untuk menjadi pengusaha usai menamatkan pendidikannya. “Ketika saya tanya anak SMK-nya nanti mau apa, mau kerja di hotel atau mau kerja di warung atau apa, katanya mau berwirausaha,” kata Atikoh.

Atikoh mengaku senang mendengar cita-cita pelajar yang ingin berwirausaha, karena nantinya akan dapat membuka lapangan kerja baru sekaligus menyerap tenaga kerja.

“Saya sangat support karena dengan seperti ini berarti mereka itu tidak akan mengeluh kok enggak ada lapangan kerja, tetapi mereka menciptakan lapangan kerja, menciptakan lapangan kerja untuk diri sendiri dan juga orang lain,” tutur Atikoh.

“Karena wirausaha itu memang sangat dibutuhkan untuk di Indonesia sehingga ketergantungan kepada pencari kerja itu juga akan berkurang,” pungkasnya.
(akr)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1332 seconds (0.1#10.140)