RSUP IKN Dibangun Khusus Jantung dan Stroke, Jokowi Pede Lingkungan Hijau Bantu Penyembuhan

Rabu, 20 Desember 2023 - 14:30 WIB
loading...
RSUP IKN Dibangun Khusus Jantung dan Stroke, Jokowi Pede Lingkungan Hijau Bantu Penyembuhan
Groundbreaking RSUP Ibu Kota Nusantara (IKN), Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur, Presiden Jokowi mengatakan, konsentrasi rumah sakit umum pusat ini nantinya hanya di jantung dan stroke. Foto/Dok
A A A
PENAJAM PASER UTARA - Presiden Joko Widodo (Jokowi) melakukan groundbreaking Rumah Sakit Umum Pusat (RSUP) Ibu Kota Nusantara ( IKN ), Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur, pada hari Rabu 20 Desember 2023. Jokowi menjelaskan bahwa RSUP IKN akan berkonsentrasi pada penyakit jantung dan stroke .

"Dengan mengucap bismillah pada siang hari ini peletakan batu pertama groundbreaking Rumah Sakit Umum Pusat di Ibu Kota Nusantara secara resmi saya nyatakan di mulai," kata Jokowi dalam sambutannya.

Dirinya berharap dengan kondisi IKN yang dikelilingi lingkungan hijau akan mempermudah proses penyembuhan kedua penyakit tersebut.

"Memang konsentrasi rumah sakit umum pusat ini nantinya hanya di jantung dan stroke. Tapi kalau kita melihat kehijauan di sini oksigennya banyak, mestinya pikirannya senang, strokenya menjauhlah menurut saya. (Penyakit) jantungnya juga menjauh karena apanya suasananya di sini adalah suasana hijau," kata Jokowi.

Jokowi pun menekankan bahwa pembangunan apapun di IKN harus menerapkan bangunan dan lingkungan hijau.

"Karena memang ke depan selalu saya tekankan pada siapapun yang membangun di ibu kota nusantara, gedungnya harus gedung hijau green building, kemudian juga harus lingkungan hijau. Dan kawasan semuanya memang harus kawasan hijau dan memang akan kita hijaukan," jelasnya.

"Sehingga hari ini kita juga akan melakukan penghutanan kembali reforestasi, melakukan penghijauan penanaman pohon-pohon endemik. Sekali lagi agar kawasan yang ada di ibu kota nusantara ini menjadi sebuah kawasan yang sangat hijau yang di negara manapun tidak dijumpai ibu kota yang sehijau Nusantara ini," sambungnya.
(akr)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.9472 seconds (0.1#10.140)