alexametrics

El Loco Ingin Mencetak Pemain Berkualitas di Indonesia

loading...
El Loco Ingin Mencetak Pemain Berkualitas di Indonesia
Striker Madura United FC, Cristian 'El Loco' Gonzales. Foto/Twitter @MaduraUnitedFC
A+ A-
DEPOK - Cristian 'El Loco' Gonzales bakal memasuki babak baru dalam kariernya. Setelah pensiun sebagai pemain, ia berencana untuk menggantungkan nasibnya menjadi pelatih sepak bola.

Saat ini El Loco sedang mengikuti kursus kepelatihan Lisensi C AFC yang digelar PSSI di Sawangan, Depok, Jawa Barat. Ia berharap suatu saat nanti dapat mencetak pemain-pemain hebat untuk Indonesia.

"Saya sangat senang dibantu PSSI untuk mengikuti kursus pelatih C AFC kali ini. Klub saya (Madura United) juga memberikan dukungan penuh. Sebentar lagi mungkin saya pensiun sebagai pemain sepak bola. Setelah itu saya ingin menjadi pelatih untuk menghasilkan pemain yang bagus untuk Indonesia," jelas striker berusia 41 tahun ini.

"Tantangannya tentu tidak mudah. Akan tetapi, dengan keyakinan, tekad yang kuat serta kerja keras, saya rasa hal ini bisa dilakukan. Sepak bola Indonesia punya potensi yang sangat besar. Kita harus bersama-sama membangun dan membesarkannya," ungkapnya.

Soal pengalaman dan teknik permainan sepak bola, El Loco tentu sudah mengetahui banyak hal. Sebab ia telah menjadi pemain sejak 1995 silam dan berada di kompetisi Indonesia mulai tahun 2003 lalu.

Namun untuk menjadi pelatih, dua modal tersebut dinilai belum cukup. Ada aspek lainnya yang mesti dipelajari El Loco dan ini dijelaskan oleh Danurwindo selaku Direktur Teknik PSSI.

"Kami berharap semakin banyak jumlah pelatih dengan lisensi AFC. Ini menjadi hal yang positif terkait pengembangan sepak bola Indonesia. Selain itu dalam kursus C AFC dan D Nasional, materi filosofi sepak bola Indonesia (Filanesia) juga telah diberikan," kata Danurwindo.

Filanesia adalah sebuah filosofi yang akan menjadi fondasi dan karakter sepak bola Indonesia, baik untuk pembinaan usia dini sampai profesional dari segi individu maupun tim.
(bep)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak