Piala Presiden 2018 Tak Sekadar Turnamen Sepak Bola

Minggu, 18 Februari 2018 - 15:57 WIB
Piala Presiden 2018 Tak Sekadar Turnamen Sepak Bola
Piala Presiden 2018 Tak Sekadar Turnamen Sepak Bola
A A A
JAKARTA - Turnamen pramusim Piala Presiden 2018 selesai digelar. Persija Jakarta keluar sebagai pemenang usai mengalahkan Bali United di laga puncak, Sabtu (17/2/2018) malam WIB.

Tampil di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Persija menang tiga gol tanpa balas. Berkat prestasinya ini, mereka tak hanya membawa pulang piala bergilir. Macan Kemayoran juga berhak mengantongi hadiah uang senilai Rp3,3 miliar.

Kemeriahan Piala Presiden tentunya tak hanya terlihat dari pegelaran final. Sejak laga pertama yang mempertemukan Persib Bandung dengan Sriwijaya FC, antusiasme masyarakat sudah terpantau sangat tinggi.

Kondisi demikian tentunya jadi ladang basah untuk para penguasaha kecil yang menjajakan dagangannya selama pertandingan berlangsung. Hal ini tentunya mencuri perhatian sebab Piala Presiden seolah ikut membantu dalam menyejahterakan kalangan menengah ke bawah.

Di semua pertandingan, panitia penyelenggara selalu mengumumkan jumlah pedagang yang ada di area sekitar stadion. Puncaknya, mulai pedagang kaki lima hingga penjual jersey atau pernak-pernik klub, semua tumpah ruah di kawasan SUGBK.

Tak hanya menyentuh faktor ekonomi kerakyatan. Piala Presiden khususnya laga final dapat dijadikan salah satu cerminan jelang Asian Games 2018. Oleh sejumlah pihak, keberhasilan event ini dianggap menjadi salah satu modal penting jelang penyelenggaraan pesta olahraga terakbar se-Asia tersebut.

"Suksesnya event ini menggambarkan cerminan kesiapan Indonesia sebagai tuan rumah Asian Games, khususnya warga ibu kota. Mayoritas suporter juga semakin menunjukkan kedewasaan dalam mendukung tim favoritnya," kata Anggota DPR, Ahmad Sahroni yang menonton langsung pertandingan final Piala Presiden di SUGBK.

Kemeriahan laga puncak juga tak lepas dari pengamatan sejumlah tokoh bangsa seperti Presiden Republik Indonesia (RI) Joko Widodo, Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Imam Nahrawi, serta Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan. Bersama-sama, mereka ikut larut dalam euforia final Piala Presiden di SUGBK.

"Selamat untuk Jakmania, karena klub kesayangannya semalam menang jadi juara, setelah ngalahin Bali United 3-0. Untuk Serdadu Tridatu, ayo, tetap semangat dukung Bali United," tulis Jokowi dalam salah satu postingannya di Instagram.

Penyelenggaraan Piala Presiden 2018 juga memberikan dampak positif untuk Timnas Indonesia. Pelatih Timnas, Luis Milla beberapa kali menyaksikan langsung jalannya pertandingan untuk memantau pemain-pemain yang akan dibawanya ke pemusatan latihan jelang Asian Games 2018.
(sha)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.3635 seconds (0.1#10.140)