Pakar Teknologi Sebut AI Akan Mempengaruhi Proses Pemilu 2024

Jum'at, 22 Desember 2023 - 18:48 WIB
loading...
Pakar Teknologi Sebut AI Akan Mempengaruhi Proses Pemilu 2024
Teknologi AI Akan Mempengaruhi Proses Pemilu 2024. FOTO/CNET
A A A
LONDON - Para pakar komputer dan ilmuwan politik memperingatkan bahwa piranti “artificial intelligence” (AI) atau kecerdasan buatan mampu menipu pemilih, dan bahkan mungkin mempengaruhi proses Pemilu 2024.


Piranti AI generatif yang canggih saat ini dapat mengkloning suara dan foto manusia secara sangat realistis dalam hitungan detik, dengan biaya minimal.

“Kami tidak siap dengan AI generatif ini," ujar AJ Nash, wakil presiden intelijen di sebuah perusahaan keamanan siber ZeroFox kepada Associated Press.

“Bagi saya lompatan besar ke depan adalah kemampuan audio dan video yang muncul . Ketika kita dapat melakukannya dalam skala besar, dan mendistribusikannya di platform media sosial, maka ini akan berdampak besar saat Pemilu 2024 di AS dan beberapa negara nanti,” tambahnya.

AI Ketika digabungkan dengan algoritma media sosial yang kuat, maka konten palsu yang dibuat secara digital ini dapat menyebar dengan sangat cepat, menarget audiens yang sangat spesifik, dan membawa trik-trik kotor kampanye ke titik terendah baru.

Dampak positif kampanye dan pemilu tahun 2024 sama besarnya dengan hal-hal yang meresahkan.

Hal tersebut dikarenakan AI generatif tidak hanya dapat menghasilkan email, teks, atau video kampanye yang ditargetkan dengan cepat, tetapi juga dapat digunakan untuk menyesatkan pemilih, meniru identitas kandidat, dan melemahkan pemilu dalam skala dan kecepatan yang belum pernah ada sebelumnya.

Pakar-pakar AI dapat dengan cepat mengungkapkan sejumlah skenario yang mengkhawatirkan di mana AI generatif digunakan untuk membuat media sintetis dengan tujuan membingungkan pemilih, memfitnah kandidat lain, atau bahkan menghasut terjadinya aksi kekerasan.
(wbs)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.4138 seconds (0.1#10.140)