Ganjar Pranowo Siap Bawa Program Baznas Jateng ke Nasional

Senin, 25 Desember 2023 - 09:41 WIB
loading...
Ganjar Pranowo Siap Bawa Program Baznas Jateng ke Nasional
Capres Ganjar Pranowo bertemu para kiai dan tokoh Nahdlatul Ulama (NU) se-Kabupaten Karanganyar di Pendopo Bathok Ela-Elo, Jawa Tengah, Minggu (24/12/2023). Foto: TPN Ganjar-Mahfud
A A A
KARANGANYAR - Capres nomor urut 3 Ganjar Pranowo berkomitmen membawa program Badan Amil, Zakat, dan Sedekah (Baznas) Jawa Tengah ke tingkat nasional.

Salah satu program sukses Ganjar selama memimpin Jateng yakni optimalisasi Baznas. Dari yang semula Baznas Jateng hanya mendapatkan ratusan juta per bulan, di tangan Ganjar Baznas Jateng bisa menghasilkan Rp6 miliar.

Ganjar akan mengoptimalisasi Baznas sebagai salah satu sumber keuangan untuk suksesnya program kesejahteraan masyarakat.



"Dulu sebelum kami datang, Baznas Jateng hanya mendapat Rp300 juta sebulan. Tapi setelah kami kelola dan dibuatkan sistem potongan langsung atau payroll, jumlahnya naik signifikan menjadi Rp6 miliar per bulan. Itulah kenapa Baznas Jateng selalu menjadi percontohan nasional," kata Ganjar saat bertemu para kiai dan tokoh Nahdlatul Ulama (NU) se-Kabupaten Karanganyar di Pendopo Bathok Ela-Elo, Minggu (24/12/2023).

Uang yang terkumpul dari Baznas para ASN di lingkungan Pemprov Jateng digunakan untuk kepentingan masyarakat. Mulai membantu pembangunan tempat ibadah, bayar rumah sakit, beasiswa, membangun rumah tidak layak huni, insentif guru ngaji, dan lainnya.

"Dan itu penggunaanya tidak butuh nunggu mekanisme anggaran yang ribet. Langsung bisa dipakai asal persyaratannya sesuai. Bahkan tidak hanya untuk kebutuhan konsumtif, tapi juga untuk kebutuhan produktif seperti pelatihan, modal usaha, dan lainnya," ujar Ganjar.

Tak hanya pengelolaan Baznas dengan cara payroll, banyak praktik baik lain di Jateng yang akan dibawa Ganjar ke nasional. Seperti pembuatan sekolah asrama gratis khusus untuk warga miskin, pemberian insentif guru keagamaan.

Ganjar juga sudah berdiskusi dengan banyak ulama, termasuk saat bertemu ulama dan tokoh NU Karanganyar. Mereka setuju program baik itu dilanjutkan.

Ketua PCNU Karanganyar Kiai Nuril Huda mengatakan, kepedulian Ganjar pada agama khususnya NU memang sudah terbukti sejak menjabat Gubernur Jateng. Selain memiliki Wakil Gubernur orang NU, Ganjar juga memiliki ikatan darah dengan tokoh NU.

"Istri beliau ini cucu tokoh besar NU di Purbalingga. Jadi kalau soal NU, beliau sudah sangat fasih," ucapnya.

Dia senang Ganjar akan melanjutkan program baik di Jateng ke tingkat nasional. Nuril mengajak seluruh jamaah mendukung Ganjar sukses menjadi presiden.
(jon)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.4787 seconds (0.1#10.140)