Persebaya Menangi Derby Jawa Timur

Sabtu, 24 Februari 2018 - 21:53 WIB
Persebaya Menangi Derby Jawa Timur
Persebaya Menangi Derby Jawa Timur
A A A
BALIKPAPAN - Laga bertajuk Derby Jawa Timur dimenangkan Persebaya Surabaya dengan skor 5-4 atas Madura United (MU) melalui drama adu penalti. Adu penalti itu digelar setelah dua kesebelasan bermain 1-1 hingga 90 menit pertandingan.

Pada pertandingan yang berlangsung di Stadion Batakan, Balikpapan, Sabtu (24/2/2018) malam, pelatih Alfredo Vera dan Manajer Persebaya, Chairul Basalamah, mengenakan pita hitam. Ini merupakan simbol belasungkawa kepada Tutur Wibisono dan Farid Haryadi, dua Bonek yang meninggal setelah mendukung Persebaya di Sleman, 17 Februari lalu.

Pertandingan baru berjalan empat menit, Misbakus Solikin nyaris membuka keunggulan buat Persebaya. Gelandang nomor punggung 6 membuat kesempatan emas tersebut. Padahal dia tinggal berhadapan dengan Hery Prasetyo.

Selama 20 menit pertama, Persebaya tampil mendominasi di pertandingan dengan penguasaan bola 62%. Namun belum ada gol tercipta hingga pertengahan babak pertama berlangsung. Justru, Madura United yang sukses mencuri gol melalui Maitimo pada menit 29.

Setelah water break, Persebaya mencoba merespon gol tersebut. Dan, gol yang ditunggu-tunggu itu pun tercipta lima menit sebelum pertandingan paruh pertama selesai. Adalah Misbakus Solikin, yang sukses menyamakan kedudukan 1-1 setelah Oktafianus dijatuhkan di kotak penalti.

Selang dua menit, Fabiano nyaris membalikkan keunggulan jika saja sepakan kerasnya (tendangan bebas) tidak mampu ditepis Miswar. Dari statistik pertandingan di babak pertama, Persebaya setidaknya berhasil melepaskan sembilan tendangan percobaan dan tiga di antaranya mengarah ke gawang.

Di babak kedua, Miswar harus jatuh bangun mengawal gawangnya. Pasalnya, para pemain Bajol Ijo terus menghujani tendangan, seperti yang dilakukan Ruben pada menit 62 saat ia melepaskan tendangan keras. Namun upaya percobaan itu masih mampu ditepis kiper Madura United.

Hingga pertandingan usai skor 1-1 tak berubah. Pertandingan pun dilanjutkan melalui drama adu penalti. Di sini petaka untuk MU datang.

Satu dari lima penendang penalti gagal menceploskan bola ke gawang Persebaya. Sebaliknya, pemain Bajul Ijo sukses mengeksekusi penalti dengan sempurna.

Dengan kemenangan ini, Persebaya mengekor posisi Sriwijaya FC di urutan kedua Grup B Piala Gubernur Kaltim 2018 dengan raihan dua poin. Sementara Madura United mengisi posisi ketiga dengan satu angka.

Grup B Piala Gubernur Kaltim (PGK) 2018


1. Sriwijaya 3
2. Persebaya 2
3. Madura United 1
4. Persiba Balikpapan 0
(bbk)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5572 seconds (0.1#10.140)