Anthony Fokker, Tokoh Kelahiran Blitar Pencipta Pesawat Tempur Perang Dunia I

Minggu, 31 Desember 2023 - 13:17 WIB
loading...
Anthony Fokker, Tokoh Kelahiran Blitar Pencipta Pesawat Tempur Perang Dunia I
Anthony Fokker, FOTO/ WIKIPEDIA
A A A
BERLIN - Pesawat tempur Fokker D VII Jerman yang sangat digdaya selama Perang Dunia I ternyata diciptakan orang tokoh kelahiran Blitar Indonesia. Dia adalah Anthony Fokker, seorang tokoh penting dalam dunia penerbangan.


Anthony Fokker adalah seorang tokoh penting dalam dunia penerbangan. Ia lahir di Blitar, Hindia Belanda (sekarang Indonesia), pada tanggal 6 April 1890.

Ayahnya adalah seorang pemilik perkebunan kopi. Pada usia empat tahun, dia dibawa pulang ke Amsterdam untuk mendapatkan pendidikan yang lebih baik.

Fokker mulai tertarik dengan penerbangan pada usia muda. Pada tahun 1907, ia membangun pesawat terbang pertamanya, yang disebut "Doppeldecker". Pesawat ini adalah pesawat biplan sederhana yang terbuat dari kayu dan kain.

Pada tahun 1911, Fokker mendirikan perusahaan pesawat terbangnya sendiri, Fokker Flugzeugwerke. Perusahaan ini memproduksi berbagai macam pesawat terbang, termasuk pesawat tempur, pesawat penumpang, dan pesawat pelatihan.

Selama Perang Dunia I, Fokker memproduksi beberapa pesawat tempur yang paling sukses, termasuk Eindecker, Dr. 1, dan D. VII. Pesawat-pesawat ini memberikan keunggulan udara yang signifikan bagi Jerman.

Setelah perang, Fokker melanjutkan produksi pesawat terbang. Perusahaannya berkembang pesat dan menjadi salah satu produsen pesawat terbang terkemuka di dunia.

Namun, meskipun Anthony Fokker lahir di Blitar, kehidupannya di Indonesia hanya berlangsung hingga usianya mencapai empat tahun. Keluarganya kemudian memutuskan untuk pulang dan menetap di Harlem, Belanda, sehingga Anthony meninggalkan tempat kelahirannya.

Baru-baru ini, seorang peneliti sejarah, Prabowo, berhasil menemukan lokasi spesifik tempat kelahiran Anthony Fokker. Dalam akun Facebook "Blitar Tempo Doeloe," Prabowo membagikan sejarah tentang kelahiran Fokker di sebuah perkebunan kopi Blitar, tepatnya di lereng selatan Gunung Kelud.

Awalnya, Prabowo menduga bahwa Fokker lahir di perkebunan kopi wilayah Karanganyar, Nglegok. Namun, setelah dua tahun melakukan penelusuran digital, ia menemukan bukti bahwa Anthony Fokker lahir di perkebunan Njoenjoer (Nyonyor), Desa Soso, Kecamatan Gandusari.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0964 seconds (0.1#10.140)