SpaceX Uji Coba Roket Starship Raksasa, Siap Luncurkan 3 Megaroket Awal Tahun 2024

Senin, 01 Januari 2024 - 19:55 WIB
loading...
SpaceX Uji Coba Roket Starship Raksasa, Siap Luncurkan 3 Megaroket Awal Tahun 2024
SpaceX menutup tahun 2023 dengan uji coba ganda penguat megaroket dan pesawat ruang angkasa Starship pada Jumat 29 Desember 2023. Foto/SpaceX/Space
A A A
TEXAS - SpaceX menutup tahun 2023 dengan uji coba ganda penguat megaroket dan pesawat ruang angkasa Starship pada Jumat 29 Desember 2023. Pelaksanaan uji coba ganda mesin roket raksasa Starship dan Super Heavy dilakukan di Starbase SpaceX, Boca Chica, Texas.

Uji coba yang berlangsung sekitar 10 detik ini berhasil menembakkan pembakaran 33 mesin Raptor pada booster Super Heavy. Mesin ini berfungsi sebagai tahap pertama roket Starship, booster terbesar dan terkuat di dunia.

“Baru saja menyelesaikan penembakan statis pada Flight 3 Super Heavy Booster,” tulis CEO SpaceX Elon Musk di X (Twitter) dikutip SINDOnews dari laman Space, Senin (1/1/2024). Uji coba Starship ketiga ini dilakukan sebagai persiapan peluncuran pada awal tahun 2024.



Akun X resmi SpaceX mengonfirmasi keberhasilan pengujian Super Heavy Booster 10 dan pengujian terpisah dari satu mesin Raptor di Starship Ship 28 yang akan berada di atas Super Heavy Booster 10 selama uji terbang mendatang. Tes Starship itu bertujuan untuk menunjukkan kemampuan restart mesin Raptor di luar angkasa.

“Pengapian mesin Raptor tunggal pada Penerbangan 3 Starship menunjukkan permulaan seperti penerbangan untuk pembakaran di luar angkasa,” tulis SpaceX dalam postingan X.
SpaceX Uji Coba Roket Starship Raksasa, Siap Luncurkan 3 Megaroket Awal Tahun 2024


SpaceX meluncurkan dua penerbangan uji Starship pada tahun 2023, pertama pada bulan April dan kemudian pada bulan November, meskipun tidak ada uji penerbangan yang berhasil menyelesaikan tujuannya. Starship kembali ke Bumi tepat di Samudra Pasifik dekat Hawaii, sedangkan Super Heavy tahap pertama jatuh di Teluk Meksiko.

Selama uji peluncuran bulan April, Starship dan booster Super Heavy-nya gagal terpisah sesuai rencana, sehingga SpaceX sengaja meledakkan roketnya empat menit setelah lepas landas. Uji coba tersebut juga menghancurkan sebagian besar landasan peluncuran Starship SpaceX sehingga memerlukan perbaikan ekstensif.



Uji terbang kedua, yang disebut Penerbangan 2, menunjukkan beberapa keberhasilan besar, termasuk pemisahan tahap yang berhasil dan pembakaran mesin tahap pertama yang normal. Namun, tahap atas Starship meledak sekitar delapan menit setelah lepas landas setelah mengalami peristiwa yang memicu sistem penghentian penerbangan otomatisnya.

Panggung pertama juga meledak tak lama setelah pemisahan panggung. Megaroket Starship dan Super Heavy SpaceX dirancang untuk dapat digunakan kembali sepenuhnya dan suatu hari nanti akan menerbangkan astronot ke bulan dan kembali.

NASA telah memanfaatkan Starship untuk mendaratkan astronot Artemis 3 di bulan dan SpaceX telah memesan penerbangan pribadi mengelilingi bulan dengan beberapa pelanggan. Saat disusun bertumpuk, Starship dan booster Super Heavy-nya memiliki tinggi hampir 122 meter dan merupakan roket terbesar yang pernah dibuat.

Pesawat ini juga dirancang untuk menjadi yang paling kuat, mampu mengangkut hingga 165 ton kargo ke orbit rendah Bumi. SpaceX berharap untuk segera meluncurkan uji Penerbangan 3 sistem Starship-nya, namun detail waktu pelaksanaan masih belum jelas.
(wib)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1618 seconds (0.1#10.140)