5 Manfaat Minum Teh Hitam Tiap Hari, Bisa Menurunkan kolesterol

Jum'at, 05 Januari 2024 - 06:00 WIB
loading...
5 Manfaat Minum Teh Hitam Tiap Hari, Bisa Menurunkan kolesterol
Teh hitam memberikan banyak manfaat kesehatan. Foto/ adobestock
A A A
JAKARTA – Teh hitam memang terdengar asing bagi sebagian masyarakat, tetapi teh hitam memberikan banyak manfaat kesehatan.

Teh hitam adalah salah satu teh paling populer di dunia dan termasuk di antara empat jenis yang dibuat menggunakan daun tanaman Camellia Sinensis.

Teh hitam mengalami oksidasi sehingga memberikan beberapa manfaat tambahan, sedangkan teh hijau tidak mengalami oksidasi.



Selama oksidasi, katekin diubah menjadi thearubigin, theaflavin dan flavonol, yang tidak terdapat dalam teh hijau. Teh hitam kaya akan antioksidan dan menawarkan beberapa manfaat kesehatan. Dilansir healthshots, berikut manfaat teh hitam.

Manfaat minum teh hitam

1. Meningkatkan kesehatan usus

Teh hitam kaya akan antioksidan bernama Polifenol, yang membantu mengurangi stres oksidatif, mengurangi risiko penyakit kronis, dan meningkatkan kesehatan seseorang secara keseluruhan. Polifenol dan sifat antimikroba dapat membantu meningkatkan kesehatan usus dan meningkatkan kekebalan tubuh.

2. Menurunkan kolesterol

Teh hitam dibuat dari daun tanaman Camellia Sinensis yang difermentasi sepenuhnya. Ini mengandung katekin dan Theaflavin, yang membantu menurunkan kadar kolesterol Anda.

3. Meningkatkan kesehatan jantung

Flavonoid dalam teh hitam dapat membantu menurunkan kadar kolesterol, mengontrol tekanan darah, dan pada akhirnya mengurangi risiko penyakit terkait jantung

4. Meningkatkan fokus

Apakah Anda merasa sulit untuk tetap terjaga sepanjang hari? Apakah Anda merasa kurang energik akhir-akhir ini? Mengapa Anda tidak mencoba meningkatkan kesehatan Anda dengan teh hitam? Mengandung kafein dan L-theanine – kandungan asam amino dari Teh Hitam, untuk meningkatkan kewaspadaan dan fokus.

5. Membantu penurunan berat badan

Minuman rendah kalori dan tanpa pemanis, teh hitam adalah pilihan yang sangat baik bagi masyarakat. Flavon juga dikaitkan dengan penurunan berat badan, BMI, dan lingkar pinggang. Karena flavon terdapat dalam teh hitam, mereka cocok untuk mengurangi lemak perut dan menurunkan berat badan, terutama bila dikombinasikan dengan pola makan yang tepat dan pola olahraga, tambah sang ahli.

Efek samping minum teh hitam

Meskipun teh hitam menawarkan banyak manfaat kesehatan, terapis nutrisi Maitry Gala menjelaskan bahwa orang yang menderita anemia atau kekurangan zat besi sebaiknya mengonsumsi minuman ini dalam jumlah terbatas.



Ini mengandung tanin yang berikatan dengan zat besi nabati dan mempengaruhi penyerapannya di saluran pencernaan. Minuman ini juga sangat disarankan untuk dikonsumsi di sela-sela waktu makan.

Tanin yang berlebihan dapat mengiritasi saluran pencernaan, terutama bagi mereka yang memiliki usus lemah, menyebabkan sakit perut/muntah/diare yang parah dan lainnya.

Konsumsi kafein yang berlebihan dapat meningkatkan kecemasan dan kegelisahan. Teh hitam juga dapat menurunkan produksi melatonin sehingga mengganggu siklus tidur.

Teh hitam dapat menyebabkan komplikasi pada wanita hamil, seperti keguguran atau berat badan bayi lahir rendah.

Orang dewasa boleh minum 2-3 cangkir setiap hari dan hindari konsumsi minuman tersebut secara berlebihan karena dapat menimbulkan efek samping.

Jika Anda bertanya-tanya kapan waktu yang tepat untuk minum teh hitam, sebaiknya diminum di pagi hari.
(tdy)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1684 seconds (0.1#10.140)