Siapa 3 Calon Presiden Taiwan yang Menentukan Arah Konflik dengan China?

Jum'at, 05 Januari 2024 - 14:14 WIB
loading...
Siapa 3 Calon Presiden Taiwan yang Menentukan Arah Konflik dengan China?
William Lai Ching-te menjadi kandidat presiden Taiwan yang terkuat. Foto/Reuters
A A A
TAIPEI - Pada tanggal 13 Januari 2024, Taiwan akan memilih presiden baru dalam pemilihan penting yang dapat mendefinisikan kembali hubungan pulau tersebut dengan China.

Beijing telah lama mengklaim Taiwan yang memiliki pemerintahan sendiri sebagai provinsi yang memisahkan diri dan menjadi sorotan dalam pemilihan umum di pulau itu sejak pemilu pertama pada tahun 1996.

Persaingan tahun ini untuk menggantikan Presiden Tsai Ing-wen terjadi pada saat Taiwan menjadi titik konflik utama antara AS dan China. Terlepas dari geopolitik, rendahnya upah dan melonjaknya harga rumah merupakan beberapa tantangan dalam negeri yang membebani para pemilih.

Wakil presiden yang menjabat saat ini memegang suara dan memimpin jajak pendapat dengan selisih kecil, diikuti oleh mantan kepala polisi. Seorang mantan wali kota, yang awalnya mengacaukan perhitungan dalam pemilihan pemenang mengambil semua, kini tampaknya tertinggal jauh. Pemilu legislatif, di mana setiap pemilih akan memberikan satu suara untuk daerah pemilihannya dan satu lagi untuk kursi umum, akan dilaksanakan pada hari yang sama.

Siapa 3 Calon Presiden Taiwan yang Menentukan Arah Konflik dengan China?

1. William Lai Ching-te, DPP

Siapa 3 Calon Presiden Taiwan yang Menentukan Arah Konflik dengan China?

Foto/Reuters

Ia mungkin berbicara dengan lembut, namun wakil presiden Taiwan yang berusia 63 tahun ini adalah pendukung setia status pemerintahan mandiri di pulau tersebut. Global Times yang dikelola pemerintah China bahkan menyerukan agar dia diadili berdasarkan undang-undang anti-pemisahan diri di Beijing.

Melansir BBC, selama masa jabatannya sebagai perdana menteri Tsai Ing-wen dari tahun 2017 hingga 2019, Lai menggambarkan dirinya sebagai "pekerja pragmatis untuk kemerdekaan Taiwan".

Ayah Lai meninggal dalam kecelakaan ketika dia berusia dua tahun. Menyaksikan ibunya membesarkan enam anak sendirian menumbuhkan etos kerja yang kuat dalam diri Lai, katanya. Ia mendapat pendidikan medis di Harvard dan bekerja sebagai dokter ginjal sebelum memasuki layanan publik di Taiwan pada pertengahan tahun 1990an.

Dia pertama kali menjabat sebagai anggota parlemen yang mewakili kota Tainan di selatan. Dia terpilih sebagai walikota pada tahun 2010 dan memegang jabatan tersebut pada tahun 2014 dengan perolehan 73% suara yang belum pernah terjadi sebelumnya.

Ia tetap menjadi kandidat terdepan saat ini dengan selisih yang kecil, dengan jajak pendapat terbaru yang dilakukan oleh Yayasan Opini Publik Taiwan (TPOF) menempatkannya di depan Hou dengan hanya selisih 1% dengan rating 38%.

Dalam kampanye kepresidenannya, Lai berulang kali mengatakan bahwa Taiwan berharap bisa "berteman" dengan Chinaami tidak ingin menjadi musuh. Kami bisa menjadi teman. Dan kami [akan] senang melihat Chinamenikmati demokrasi dan kebebasan, sama seperti kami," katanya kepada Bloomberg pada bulan Agustus.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1102 seconds (0.1#10.140)