Dhaup Ageng Putra Paku Alam X Digelar, Sejumlah Ruas Jalan Kota Yogyakarta Bakal Ditutup

Senin, 08 Januari 2024 - 07:33 WIB
loading...
Dhaup Ageng Putra Paku Alam X Digelar, Sejumlah Ruas Jalan Kota Yogyakarta Bakal Ditutup
Puro Pakualaman yang menjadi lokasi Dhaup Ageng Putra Paku Alam X. Foto/Dinas Kebudayaan Yogyakarta
A A A
YOGYAKARTA - Kadipaten Pakualaman Ngayogyakarta akan menggelar pernikahan agung atau Dhaup Ageng putra bungsu dari K.G.P.A.A. Paku Alam X dan G.K.B.R.A.A. Paku Alam yakni B.P.H. Kusumo Kuntonugroho, S.P.. M.Eng., dengan putri dari dr. Tri Prabowo dan (alm) dr. Wijayatun Handrimastuti, yakni dr. Laily Annisa Kusumastuti.

Ketua Bidang III Panitia Dhaup Ageng PA 2024, K.M.T. Tirtonagoro menuturkan rangkaian prosesi pernikahan bakal dimulai hari ini, Senin (8/1/2024) hingga hari Rabu (11/1/2024) mendatang. Berbagai persiapan telah dilakukan, salah satunya persiapan fasilitas transportasi pendukung.

"Kami persiapkan sedini mungkin agar para tamu tidak kesulitan nantinya," tuturnya.

Fasilitas transportasi yang disiapkan oleh panitia Dhaup Ageng diantaranya adalah mobil listrik dan transpostasi keliling untuk mengantar tamu undangan dari beberapa titik kantong parkir yang ada di sekitar Puro Pakualaman menuju ke lokasi Kagungan Dalem (KD) Bangsal Sewatama Puro Pakualaman.



Kantong parkir khusus juga disediakan diantaranya di sisi barat dan sisi timur. Kantong parkir di sisi barat terdapat di kantong parkir Senopati dan kantong parkir Jalan Sriwedari. Di sisi timur, kantong parkir tersedia di Mandala Krida, Gedung Olah Raga (GOR) Amongrogo, dan Lapangan Panahan Kenari.

Transportasi lain yang juga disiapkan adalah shuttle bus dan minibus untuk mengantar tamu dari kantong parkir Mandala Krida, Gedung Olah Raga (GOR) Amongrogo, dan Lapangan Panahan Kenari ke lokasi KD Bangsal Sewatama. Selain itu, guna mengurangi kendaraan tamu undangan Dhaup Ageng, terdapat juga fasilitas promo dengan aplikasi taksi online, yaitu GRAB.

"Para tamu undangan akan mendapatkan potongan biaya perjalanan senilai Rp 8.000 di aplikasi GRAB dengan memasukan kode voucher “GRABDHAUPAGENG”, " tambahnya.

Voucher potongan biaya ini dapat digunakan mulai tanggal 8 Januari sampai dengan 11 Januari 2024. Hal ini ditujukan untuk memudahkan dan memperlancar perjalanan para tamu undangan yang menuju atau pulang dari Pura Pakualaman Yogyakarta.

Kegiatan inti Dhaup Ageng meliputi ijab, panggih, sungkeman dan resepsi hari pertama digelar pada 10 Januari 2024 dan akan dihadiri sebanyak 1.500 tamu undangan. Resepsi hari kedua akan digelar pada 11 Januari 2024 dan akan dihadiri sebanyak 4.000 tamu undangan.

Selain itu. juga akan dilakukan penutupan sejumlah ruas jalur lalu lintas di tanggal 10 Januari 2024 pada pukul 10.00 sampai 14.00 WIB dan di tanggal 11 Januari 2024 pada pukul 17.00 sampai 24.00 WIB.
(hri)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1155 seconds (0.1#10.140)