Pesawat Boeing 737-9 MAX Dilarang Terbang, Begini Respons Lion Air

Selasa, 09 Januari 2024 - 12:31 WIB
loading...
Pesawat Boeing 737-9 MAX Dilarang Terbang, Begini Respons Lion Air
Maskapai penerbangan Lion Air Group memastikan operasional penerbangan tetap berjalan baik, kendati tiga unit pesawat jenis Boeing 737-9 MAX milik perusahaan dilarang terbang sementara. Foto/Dok
A A A
JAKARTA - Maskapai penerbangan Lion Air Group memastikan operasional penerbangan tetap berjalan baik, kendati tiga unit pesawat jenis Boeing 737-9 MAX milik perusahaan dilarang terbang sementara oleh Kementerian Perhubungan (Kemenhub).



Corporate Communications Strategic of Lion Air, Danang Mandala Prihantoro mengatakan, saat ini pihaknya mengoperasikan tiga unit Boeing 737-9 MAX, dan sejak 5 Januari 2024, Lion Air telah melakukan langkah-langkah pencegahan atau mitigasi.

Di mana, Lion Air sedang melakukan inspeksi lebih lanjut atau fokus pada mid-cabin emergency exit door, yang melibatkan Mid Cabin Emergency Exit Flight Lock Operational Test.

“Langkah dimaksud merupakan upaya perusahaan memenuhi standar keselamatan penerbangan yang ketat,” ungkap Danang kepada MNC Portal, Selasa (9/1/2024).



Dia menjelaskan, Mid Cabin Emergency Exit Flight Lock Operational Test adalah langkah pemeriksaan pada pintu darurat di bagian tengah pada Boeing 737-9 MAX. Uji operasional dilakukan untuk memastikan mekanisme penguncian pintu darurat berfungsi dengan baik atau normal, sehingga pintu dapat dibuka dan ditutup secara
efektif.

“Juga bertujuan memastikan keselamatan dan keamanan penerbangan dengan mengutamakan evakuasi dapat dilakukan cepat dan aman apabila terjadi situasi darurat,” paparnya.

Danang memastikan, Lion Air terus berkoordinasi dengan pihak Boeing, regulator Indonesia dan otoritas penerbangan sipil terkait dalam memastikan keselamatan dan kenyamanan penerbangan.

“Lion Air selalu mengedepankan faktor-faktor yang memenuhi kualifikasi keselamatan dan keamanan penerbangan sebagai prioritas utama (safety first) dalam setiap aspek operasional dan layanan penerbangan,” papar dia.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1552 seconds (0.1#10.140)