Philippe Troussier vs Park Hang-seo, Siapa Terbaik Latih Timnas Vietnam?

Sabtu, 13 Januari 2024 - 07:02 WIB
loading...
Philippe Troussier vs Park Hang-seo, Siapa Terbaik Latih Timnas Vietnam?
Philippe Troussier vs Park Hang-seo, Siapa Terbaik Latih Timnas Vietnam?
A A A
DOHA - Pemain Vietnam, Nguyen Cong Phuong, membandingkan sosok gaya kepelatihan Philippe Troussier dan Park Hang Seo . Cong Phuong mengatakan kalau kedua pelatih ini memiliki skema dan fokus permainan yang berbeda.

Sebagaimana diketahui, The Golden Stars Warriors -julukan Timnas Vietnam - saat ini dilatih oleh Troussier. Juru taktik asal Prancis ini menggantikan posisi Park Hang-seo yang cukup membuat Vietnam perkasa.

Cong Phuong yang merasakan dilatih oleh dua pelatih hebat ini pun memberikan pandangannya. Pemain Yokohama FC ini menjelaskan kalau era Park Hang-seo, pertahanan menjadi fokus utama Vietnam.



Kemudian ketika kursi kepelatihan beralih ke Troussier, skema permainan Vietnam pun ikut berubah memakai tiga bek tengah. Meski terbilang cukup baik, namun Cong Phuong merasa kalau skema itu membuat lini pertahanan The Golden Stars Warriors kurang kuat.

“Pelatih Park Hang-seo, fokusnya adalah pada pertahanan dan banyak latihan defensif yang dilakukan. Namun, setelah pelatih Troussier berkuasa, dan mengadopsi skema 3-4-3 yang lebih mengutamakan penguasaan bola,” kata Cong Phuong, dilansir dari Soha, Jumat (12/1/2024).

“Pelatih Troussier mengatakan bahwa semuanya berjalan dengan baik. Tim Vietnam bisa bermain bagus saat menghadapi tim dengan level yang sama. Namun, ketika tim naik, ada masalah di lini belakang,” sambungnya.

Namun begitu, Cong Phuong memuji kejeniusan yang dimiliki Troussier. Menurutnya, pelatih berusia 68 tahun ini adalah sosok yang tegas dan punya pengalaman yang kaya.

“Saya belum pernah bertemu pelatih yang memiliki kepribadian yang kuat dan ganas seperti dia. Kecintaannya pada sepak bola tidak berubah,” ujar Cong Phuong.

Terlepas dari hal itu, Cong Phuong tidak masuk dalam daftar 26 pemain Vietnam untuk Piala Asia 2023. Pemain berusia 27 tahun ini terakhir kali masuk skuad The Golden Warriors pada bulan Juni dan September 2023 lalu.

Sekadar informasi, Vietnam tergabung dalam Grup D bersama Timnas Indonesia, Jepang, dan Irak. Pasukan Troussier akan langsung melawan Jepang pada matchday pertamanya di Stadion Al Thumama, Minggu (14/1/2024).
(sto)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1671 seconds (0.1#10.140)