Bukan Perang dengan China yang Ditakutkan Anak Muda Taiwan, tapi...

Jum'at, 12 Januari 2024 - 16:19 WIB
loading...
Bukan Perang dengan China yang Ditakutkan Anak Muda Taiwan, tapi...
Pemilu Taiwan menghadapi banyak dilema. Foto/Reuters
A A A
TAIPEI - Ziwei masih ingat bulan-bulan yang dia habiskan sendirian di sebuah apartemen kecil di Taipei, Taiwan .

Tidak ada jendela di studio seluas 10 meter persegi itu, hanya ada ventilasi kecil di dekat langit-langit. Airnya selalu berbau kotoran, bahkan setelah dia mengisi saluran air pancurannya dengan kantong plastik. Dan dindingnya dicat dengan warna oranye yang paling aneh.

“Tanpa adanya jendela, saya merasa sangat sedih,” kenang pria berusia 32 tahun itu, dilansir BBC. "Saya keluar sampai larut malam setiap malam, dan pulang ke rumah hanya untuk tidur."

Tapi hanya itu yang mampu dia bayar pada tahun 2019 setelah putus dengan pacarnya dan pindah. Meskipun dia adalah seorang pegawai negeri – yang dianggap sebagai pekerjaan yang baik – gaji bulanannya adalah USD1.285 pada saat itu, jauh di bawah rata-rata nasional.

Upah rendah dan perumahan akan menjadi pemikiran Ziwei dan enam juta pemilih Taiwan yang berusia di bawah 40 tahun pada Sabtu (13/1/2024), ketika mereka memilih presiden dan parlemen.

Seperti yang terjadi pada setiap pemilu, pertanyaan mengenai klaim China atas Taiwan dan bagaimana pulau tersebut harus menanggapi ancaman Beijing juga menjadi hal yang besar. Namun kali ini pemilih lebih mementingkan perekonomian.



Sebuah survei baru-baru ini terhadap 15.000 warga Taiwan oleh Majalah Commonwealth menunjukkan bahwa sebagian besar menyatakan bahwa pembangunan ekonomi harus menjadi prioritas utama presiden berikutnya, dibandingkan keamanan nasional dan hubungan lintas selat. Hal ini sangat penting terutama bagi responden berusia antara 20 dan 39 tahun.

Setelah delapan tahun berkuasa, Partai Progresif Demokratik (DPP) mendapat kecaman karena gagal meningkatkan taraf hidup masyarakat, terutama generasi muda Taiwan.

"Meningkatnya harga rumah dan harga sewa, stagnasi pendapatan, tingkat pengangguran kaum muda yang signifikan, dan pertumbuhan PDB tahunan yang berkisar sekitar 2% telah menimbulkan kekhawatiran bagi banyak orang. Lebih dari sepertiga pekerja berupah rendah berusia di bawah 30 tahun," kata pakar ketenagakerjaan Lee Chien-hung dari Chinese Culture University.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1662 seconds (0.1#10.140)