alexametrics

Mathieu Flamini Ingin Setara dengan Steve Jobs dan Elon Musk

loading...
Mathieu Flamini Ingin Setara dengan Steve Jobs dan Elon Musk
Pemain Getafe, Mathieu Flamini. FOTO/IST
A+ A-
SETIAP orang memiliki idola tidak terkecuali pesepak bola. Namun, sangat jarang pesepak bola yang mengidolakan seorang pengusaha.

Dari situ semua, ada Mathieu Flamini yang sangat mengidolakan pendiri Apple, Steve Job, dan penggagas perusahaan bernama Tesla, Elon Musk. Menurutnya, Steve Jobs dan Elon Musk berhasil mengubah mentalitas industri yang mereka kecimpungi dan berani mengambil risiko untuk melakukan perubahan besar. Keduanya juga berani mengambil langkah dramatis walaupun mendapat tentangan dari orang-orang penting yang ada di perusahaan mereka. "Bagi pengusaha muda seperti saya hal itu sangat inspiratif. Saya sangat ingin setara dengan mereka," ujarnya.

Kepeduliannya terhadap bisnis lingkungan dan biokimia juga berdasarkan fakta rendahnya keinginan masyarakat terlibat dalam bisnis peduli lingkungan itu. "Sekarang saya tanya, siapa nama-nama penting yang Anda kenal yang dekat dengan bisnis lingkungan, biokimia, hingga industri kimia itu sendiri," katanya.

Menurutnya, banyak orang seperti dia ingin berbisnis melihat sosok-sosok, seperti Steve Jobs dan Elon Musk. Namun, untuk orang-orang yang ingin berbisnis di lingkungan, biokimia, dan kimia, sulit menemukan nama-nama yang populer. Dari situlah Flamini mencoba membangun ekosistem bisnis tersebut. Pertama, dia ingin masyarakat memahami lebih dulu mengenai bioekonomi dengan membuka sebuah jalur pendidikan bioekonomi di beberapa universitas di Italia.



"Lulusan dari biokimia akan mendapatkan gelar BIOCIRCE. Lewat pendidikan ini kita tidak akan kehabisan sumber daya manusia yang peduli pada biokimia dan lingkungan," ujarnya.

Selain membuat pendidikan khusus, Flamini lewat perusahaannya membuat sebuah situs bernama BioJournal. Situs berita ini dibuat agar masyarakat lebih mudah mendapatkan informasi tentang biokimia. "Saya benar-benar bersemangat membuat cakupan bisnis ini lebih luas lagi dari sebelumnya," kata Flamini.

Kesibukan Flamini berbisnis membuat banyak orang bertanya-tanya soal komitmennya di dunia sepak bola. Flamini saat ini masih membela klub Liga Spanyol, Getafe. Dia malah mengatakan belum memiliki rencana gantung sepatu. Sepak bola justru menurut dia berpengaruh banyak pada dunia bisnis yang dimasuki belakangan ini.

"Saat saya pertama kali mencoba dunia bisnis, saya benar-benar merasa rendah diri. Saya berpikir bagaimana caranya saya yang buta sama sekali bisnis memulai usaha ini," ujarnya.

Nyatanya, sepak bola justru berpengaruh banyak pada kesiapan mentalnya. Beberapa pendidikan mental dari sepak bola, seperti determinasi, kepemimpinan, dan kesiapan berada di bawah tekanan justru sangat berguna saat dia menjalani bisnis. "Saya hanya akan pensiun dari sepak bola jika memang saya sudah tidak bisa," ujarnya.
(amm)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak