Apa Perbedaan Pulo Gebang dan Pulo Gadung? Ini Penjelasannya

Senin, 15 Januari 2024 - 14:30 WIB
loading...
Apa Perbedaan Pulo Gebang dan Pulo Gadung? Ini Penjelasannya
Pulo Gebang dan Pulo Gadung merupakan wilayah yang terletak di Jakarta Timur. Salah satu tempat terkenal di Pulo Gebang yakni Terminal Terpadu Pulo Gebang. Foto: Dok SINDOnews
A A A
JAKARTA - Pulo Gebang dan Pulo Gadung merupakan wilayah yang terletak di Jakarta Timur. Karena sama-sama memiliki nama Pulo tak jarang sebagian orang menganggap keduanya sebagai tempat yang sama.

Jika dicermati, riwayat penamaan sebuah wilayah atau daerah di Indonesia memang cukup menarik. Tak asal memilih, biasanya masyarakat memberikan nama atas berbagai pertimbangan seperti aspek historis hingga karakteristiknya. Maka itu, tak jarang ada beberapa wilayah atau daerah yang memiliki nama mirip.



Misalnya, nama wilayah di Jakarta yang berawalan dengan kata Pulo. Di Jakarta, ada sejumlah wilayah yang memiliki nama berawalan Pulo seperti Pulo Gebang dan Pulo Gadung.

Perbedaan Pulo Gebang dan Pulo Gadung

1. Status

Pulo Gebang merupakan nama sebuah kelurahan di Kecamatan Cakung, Jakarta Timur. Wilayah ini biasa dikenali dengan keberadaan sebuah terminal terpadu yang cukup menarik.

Sementara, Pulo Gadung lebih identik sebagai nama salah satu kecamatan di Jakarta Timur. Wilayah tersebut dikenal luas sebagai kawasan industri yang punya akses strategis.

2. Sejarah Penamaan

Pada penamaannya, asal-usul nama Pulo Gebang pernah dijelaskan Zainuddin HM dalam buku “212 Asal Usul Djakarta Tempo Doeloe”. Adapun nama Pulo Gebang sendiri berasal dari dua kata yaitu Pulo dan Gebang.

Pulo memiliki arti daratan, sedangkan Gebang diambil dari nama sebuah pohon yang mirip Palem. Dulunya, pohon Gebang tumbuh secara alami sampai dibudidayakan warga sekitar.

Karena melihat wilayahnya yang banyak ditumbuhi pohon Gebang, masyarakat setempat mulai mengenalnya sebagai Pulo Gebang.

Beralih ke Pulo Gadung. Asal-usul penamaannya tak jauh berbeda. Asal katanya adalah Pulo dan Gadung.

Pulo diartikan pulau atau daratan. Sedangkan Gadung adalah sejenis umbi-umbian yang tumbuh di sekitar wilayah tersebut.
(jon)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2168 seconds (0.1#10.140)