5 Jenis Ikan untuk Kecantikan Kulit, Bisa Bikin Awet Muda sekaligus Jaga Kesehatan

Jum'at, 19 Januari 2024 - 05:50 WIB
loading...
5 Jenis Ikan untuk Kecantikan Kulit, Bisa Bikin Awet Muda sekaligus Jaga Kesehatan
Jenis ikan untuk kecantikan kulit ini adalah yang memiliki kandungan lemak dan omega 3 di dalamnya. Foto/iStock
A A A
JAKARTA - Jenis ikan untuk kecantikan kulit ini adalah yang memiliki kandungan lemak dan omega 3 di dalamnya. Kebanyakan jenis ikan ini berasal dari laut.

Makanan untuk kecantikan kulit tidak hanya berkutat pada buah dan sayur. Dengan adanya beberapa jenis ikan ini, tentu menu makanan untuk kecantikan kulit akan lebih bervariasi.

Selain bagus untuk kulit, beberapa jenis ikan ini juga terkenal kaya akan manfaat sehingga bagus untuk kesehatan tubuh.


Jenis Ikan untuk Kecantikan Kulit

1. Sarden

Menurut laman Gold Seal, lemak sehat yang ditemukan dalam ikan sarden berperan penting dalam kesehatan kulit, mengurangi peradangan, dan membuat kulit bersinar sehat.

Selain itu, ikan sarden juga memiliki kandungan antioksidan sehingga bagus untuk menangkal radikal bebas yang dapat berdampak buruk untuk kesehatan kulit.

2. Makarel

Jenis ikan untuk kesehatan kulit selanjutnya adalah makarel. Ikan ini kaya akan asam lemak omega 3 yang penting untuk kesehatan kulit.

Dilansir dari Healthline, omega 3 diperlukan untuk membantu menjaga kulit tetap tebal, kenyal, dan lembab. Faktanya, kekurangan omega 3 dapat menyebabkan kulit kering.

Ikan berlemak ini juga merupakan sumber vitamin E, yang menjadi salah satu antioksidan terpenting untuk menangkal radikal bebas dan melindungi kerusakan kulit dan menyembuhkan peradangan.

3. Tuna

Ikan Tuna dikenal dapat membantu menjaga protein elastin, yang membantu menjaga kulit tetap kencang dan halus. Antioksidan dalam tuna juga membantu mencegah kerusakan sel kulit akibat paparan sinar UV.

Vitamin B dalam ikan tuna juga membantu menjaga dan meremajakan kesehatan kulit. Sifat antiinflamasi dalam tuna membuat kulit awet muda dan lebih halus bercahaya.


4. Salmon

Salah satu alasan mengapa salmon jadi jenis ikan yang baik untuk kulit adalah karena mengandung omega 3. Kandungan ini membantu menenangkan peradangan yang dapat menyebabkan kerusakan kolagen dan elastin, yang keduanya membuat kulit tampak awet muda.

Asam lemak Omega-3 akan mempertahankan kelembaban di kulit. Selain itu terdapat pula vitamin D yang memiliki efek fotoprotektif. Artinya dapat membantu melindungi kulit dari efek negatif sinar UV.

Vitamin D juga bagus untuk pertumbuhan dan perbaikan sel kulit serta membantu melindungi dari radikal bebas.

5. Herring

Sama seperti jenis ikan yang baik untuk kulit sebelumnya, ikan herring juga memiliki kandungan omega 3 yang dapat meremajakan kulit. Selain itu ikan ini juga kaya akan vitamin D dan E yang bagus untuk menjaga kesehatan kulit.

Itulah lima jenis ikan untuk kecantikan kulit yang dapat dikonsumsi sehari-hari. Bagi yang ingin punya kulit terawat, sehat, dan awet muda tentu dapat memilih beberapa jenis ikan tersebut untuk dikonsumsi.
(tsa)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1498 seconds (0.1#10.140)