Studi: Puasa Setiap Hari Bisa Turunkan Berat Badan hingga Bikin Suasana Hati Lebih Baik

Jum'at, 19 Januari 2024 - 09:31 WIB
loading...
Studi: Puasa Setiap Hari Bisa Turunkan Berat Badan hingga Bikin Suasana Hati Lebih Baik
Peneliti menunjukkan puasa setiap hari memiliki banyak manfaat. Foto/ getty
A A A
JAKARTA – Puasa setiap hari mungkin terdengar sulit bagi sebagian orang, namun penelitian menunjukkan bahwa membatasi makan pada jam-jam tertentu setiap sehari dapat memberikan manfaat kesehatan yang besar, termasuk mengurangi rasa lapar, serta meningkatkan suasana hati dan tidur.

Dilansir thehealthy, Anda bisa melakukan puasa intermiten , juga dikenal sebagai makan dengan batasan waktu (TRE).

Secara umum, sangat penting untuk menerapkan pola makan yang selaras dengan gaya hidup Anda sekaligus menjaga kesehatan. Para peneliti dalam penelitian terbaru mengklaim telah mengidentifikasi bentuk puasa intermiten yang efektif dan mudah dicapai yang mengurangi rasa lapar dan meningkatkan suasana hati dan tidur.



Para peneliti, yang berafiliasi dengan King’s College London, sebuah universitas yang secara konsisten menduduki peringkat teratas secara global, baru-baru ini mempresentasikan temuan mereka yang mengungkapkan durasi optimal untuk makan dengan waktu terbatas.

Penelitian ini melibatkan lebih dari 37.000 peserta yang diminta untuk menjaga pola makan teratur selama satu minggu dan kemudian mematuhi jendela makan 10 jam selama dua minggu berikutnya menggunakan aplikasi kesehatan bernama ZOE.

Menurut para peneliti, peserta mengalami peningkatan suasana hati dan tingkat energi, serta berkurangnya rasa lapar. Selain itu, jendela makan 10 jam terbukti sangat mudah dikelola sehingga hampir semua peserta memilih untuk melanjutkan rencana tersebut selama beberapa minggu tambahan.

Sarah Berry, Ph.D., seorang profesor di King's College London dan kepala ilmuwan di ZOE, menyatakan antusiasmenya terhadap implikasi penelitian ini.

“Ini adalah penelitian terbesar di luar klinik yang dikontrol ketat untuk menunjukkan bahwa puasa intermiten dapat meningkatkan kesehatan Anda. dalam pengaturan dunia nyata. Yang benar-benar menarik adalah temuan ini menunjukkan bahwa Anda tidak perlu terlalu membatasi untuk mendapatkan hasil yang positif. Jendela makan sepuluh jam, yang dapat dikelola oleh kebanyakan orang, dan meningkatkan suasana hati, tingkat energi, dan rasa lapar,” kata Dr Berry.

Dr Berry menyoroti pentingnya konsistensi dan pemeliharaan, mencatat bahwa mereka yang mempraktikkan makan dengan batasan waktu yang tidak konsisten tidak mengalami efek kesehatan positif yang sama.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2150 seconds (0.1#10.140)