HT Berharap Futsal Bersinar di Level Internasional

Minggu, 06 Mei 2018 - 21:51 WIB
HT Berharap Futsal Bersinar di Level Internasional
HT Berharap Futsal Bersinar di Level Internasional
A A A
SLEMAN - Ketua umum Federasi Futsal Indonesia (FFI) Hary Tanoesoedibjo (HT) menilai adanya peningkatan kualitas tim futsal yang berlaga dalam Pro Futsal League (PFL) atau liga futsal Indonesia 2018.

Hal tersebut dapat dilihat dari permainan yang mereka tunjukkan baik saat liga berlangsung maupun dalam final four yang berlangsung di GOR Universitas Negeri Yogyakarta (UNY), Sabtu-Minggu (5-6/5/2018). Tim-tim yang berlaga itu menunjukkan permainan terbaiknya.

"Liga futsal tahun ini kualitas permainannya luar biasa, terutama dalam final ini," kata HT usai final PFL 2018 antara SKN FC Kebumen melawan Vamos Mataram FC di GOR UNY, Minggu (6/5/2018).

HT sendiri berharap dengan adanya peningkatan kualitas tersebut, tim futsal Indonesia dapat berprestasi di kancah internasional, Karena itu, terus akan melakukan berbagai langkah guna mewujudkannya.

"Seperti yang ditunjukkan Vamos Mataram FC, tahun ini menunjukkan perbaikan yang luar biasa dibandingkan dengan yang dulu," jelasnya.

Menurut HT dengan adanya perbaikan kualitas tim ini berarti sekarang futsal mulai diminati. Terbukti, masing-masing mulai berlomba dan melakukan inovasi dalam membangun timnya. Selain dengan mendatangkan pemaian yang berkualitas, juga pelatih asing dan yang menjadi catatan semua itu dilakukannya secara mandiri.

"Ini menunjukkan kebangkitan futsal di Tanah Air. Untuk itu PFL akan terus digulirkan, apalagi ini merupakan ajang untuk menyeleksi atau menyaring pemaian, sehingga futsal maupun penotonnya dapat lebih
bergairah lagi," tandasnya.

Mengenai peluang tim futsal Indonesia dalam ajang asia dapat menembus delapan besar atau perempat final. HT mengatakan apa yang telah diraih tim futsal putri Indonesia itu merupakan capaian yang luar biasa dan diharapkan akan terus serta dapat berprestasi yang terbaik.

"Keberhasilan ini juga tidak terlepas dari komitmen kami agar futsal lebih baik lagi, Di antaranya untuk tim putri dengan mendatangkan pelatih dari Jepang," ungkapnya.

Sementara dalam final PFL 2018 yang mempertemukan SKC FC Kebumen dengan Vamos Mataram NTB, dimenangkan Vamos Mataram dengan skor 6-1. Sehingga Vamos Mataram berhak menerima piala bergilir dan uang pembinaan.

Selain itu dua pemaian Vamos Mataram, yaitu Muhammad Iqbal Rahmatullah Iskadar dan Andri Kustiawan terpilih menjadi pemaian terbaik dan top skor PFL 2018. Sehingga juga berhak mendapatkan bola dan sepatu emas. Sedangkan Permata Indah Manokwari FC terpilih menjadi tim fair play.

Sebelumnya dalam memperebutkan peringkat ketiga antara Blacksteel FC Manokwari melawan Permata Indah Manokwari dimenangkan Permata Indah Manokmari dengan skor 5-4 melalui adu pinalti. Setelah dalam babak pertama kedua dan perpanjangan waktu bermian imbang 3-3.

Pemaian Vamos Mataram Muhammad Iqbal Rahmatullah Iskadar yang terpilih menjadi pemaian terbaik mengataka tidak menyangka dapat penghargaan tersebut. Sebab menurutnya semua pemain menunjukkan kualitasnya. Namun terlepas dari itu apa yang ia dapatkan juga karena adanya kekompakan dan kerjasama tim.

Termasuk mengikuti semua instruksi dari pelatih.Bagi Iqbal ini merupakan penghargaa yang kedua sebab pada tahun 2013 juga mendapatkan penghargaan yang sama.

"Yang jelas saya bersyukur Vamos dapat meraih juara lagi dan ini memang target kami," katanya.

Hal yang sama diungkapkan top skor PFL 2018 Andri Kustiawan. Ia mengatakan dapat bersyukur Vamos dapat mempertahankan gelar yang didapatkannya pada tahun lalu. Mengenai trik dapat menjadi top skor,
hanya berlatih finishing dan mengikuti semua intruksi pelatih.

Pelatih SKN FC Kebumen Dany Handoyo mengatakan apa yang telah ditunjukkan timnya tersebut merupakan prestasi yang luar biasa. Apalagi rata-rata pemaian SKN FC berusia muda. Untuk kekalahan dari lawan, menurutnya memang Vamos lebih siap dalam kompetisi tersebut.

“Selamat kepada Vamos,” ungkapnya.

Atas keberhasilan kedua tim, Vamos Mataram akan mewakili Indonesia di kompetisi futsal Asis (AFC) sedangkan SKN FC Kebumen akan berkiprah di kompetsisi futsal Asia Tenggara (AFF).
(sha)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4229 seconds (0.1#10.140)