Angin Puting Beliung Terjang Flores Timur: 20 Rumah Rusak, 70 Warga Mengungsi

Selasa, 23 Januari 2024 - 11:24 WIB
loading...
Angin Puting Beliung Terjang Flores Timur: 20 Rumah Rusak, 70 Warga Mengungsi
Angin Puting beliung terjang Desa Ilepadung, Kecamatan Lewolema, Kabupaten Flores Timur, NTT. Foto: iNews TV/Joni Nura
A A A
FLORES TIMUR - Belasan rumah di Desa Ilepadung, Kecamatan Lewolema, Kabupaten Flores Timur, Nusa Tenggara Timur (NTT) rusak berat diterjang angin puting beliung pada Selasa (23/1/2023). Akibatnya sebanyak 70 warga mengungsi.

Berdasarkan data sementara 18 rumah yang rusak, satu puskesmas pembantu (pustu), dan satu gudang mente. “Masih dilakukan pendataan dan kami laporkan ke Pemkab Flores Timur,” kata Kepala Desa Ilepadung Alfonsus Nabas Koten, Selasa (23/1/2024).

Angin Puting Beliung Terjang Flores Timur: 20 Rumah Rusak, 70 Warga Mengungsi


Menurut dia, pihaknya sudah berkoordinasi dengan kepala dusun di wilayah terdampak agar mereka diungsikan sementara ke rumah keluarga dan penduduk. Kerusakan sementara melibatkan 20 unit rumah dengan kondisi sebagian besar rumah rusak parah.



Beberapa rumah bahkan tertimpa pohon akibat terjangan angin puting beliung, memperparah kondisi sekitar. Saat ini, warga terus berjuang untuk mengevakuasi pohon yang tumbang dan melakukan penanganan darurat untuk menanggulangi dampak buruk.

Pantauan SINDOnews terlihat suasana panik dan kekhawatiran di lokasi kejadian dengan kondisi rumah yang rusak, pohon yang tumbang menindas rumah warga, dan warga yang berusaha menyelamatkan barang-barang mereka.



Alfonsus memastikan bahwa, meskipun kerusakan cukup parah, tidak ada korban jiwa yang dilaporkan dalam kejadian ini. Namun, warga yang terdampak terpaksa diungsikan ke rumah keluarga sebagai langkah sementara.

Situasi ini masih berkembang, dan pihak berwenang terus memantau dan mengambil tindakan yang diperlukan untuk memulihkan kondisi di Desa Ilepadung pasca-diterjang angin puting beliung.
(ams)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1251 seconds (0.1#10.140)