Perang Irak Kembali Berkobar, AS Serang Basis Milisi Pro-Iran di Baghdad

Rabu, 24 Januari 2024 - 15:55 WIB
loading...
Perang Irak Kembali Berkobar, AS Serang Basis Milisi Pro-Iran di Baghdad
Tentara AS melancarkan serangan ke milisi pro-Iran di Irak. Foto/Reuters
A A A
BAGHDAD - Militer Amerika Serikat (AS) mengatakan pasukannya telah melakukan serangan di Irak terhadap tiga fasilitas yang digunakan oleh milisi yang didukung Iran.

"Serangan proporsional tersebut menargetkan kelompok milisi Kataib Hizbullah dan kelompok lain yang berafiliasi dengan Iran,” kata Menteri Pertahanan Lloyd Austin, dilansir BBC.

Dia mengatakan serangan presisi tersebut merupakan “respons langsung” terhadap serangan terhadap AS dan sekutu koalisinya di Irak dan Suriah.

Namun seorang pejabat senior Irak mengatakan tindakan tersebut merupakan "pelanggaran terang-terangan terhadap kedaulatan Irak".

Penasihat Keamanan Nasional Irak Qassem al-Aaraji menambahkan bahwa serangan AS tidak membantu membawa ketenangan.

Menulis di X, sebelumnya Twitter, dia mengatakan bahwa "AS harus memberikan tekanan untuk menghentikan serangan Israel di Gaza daripada menargetkan dan membom pangkalan-pangkalan badan nasional Irak".

Dia mengacu pada aliansi mantan kelompok paramiliter yang didukung Iran, Hashed al-Shaabi (Pasukan Mobilisasi Populer), yang sekarang terintegrasi dalam angkatan bersenjata reguler.

Pekan lalu, sejumlah personel militer AS terluka dalam serangan rudal terhadap pangkalan udara di Irak barat.

Para pejabat AS mengatakan mereka "sedang menjalani evaluasi untuk cedera otak traumatis".

Komando Pusat militer AS (CentCom) mengatakan pada saat itu bahwa milisi yang didukung Iran menargetkan pangkalan udara Al Asad, yang menampung pasukan Amerika, dengan rudal balistik dan roket.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1250 seconds (0.1#10.140)