Ahli Paleontologi Temukan Jejak Ayam Dinosaurus di AS

Kamis, 25 Januari 2024 - 23:03 WIB
loading...
Ahli Paleontologi Temukan Jejak Ayam Dinosaurus di AS
Jejak Ayam zaman Dinosaurus ditemuka di AS. FOTO/ IFL
A A A
LONDON - Penemuan oviraptor raksasa dari Formasi Hell Creek di Amerika Serikat merupakan penemuan penting bagi ilmu paleontologi.



Spesies unggas Dinosaurus baru ini, yang diberi nama Oviraptor philoceratops, memiliki berat sekitar 78 kilogram (172 pon), menjadikannya oviraptor terbesar yang pernah ditemukan.

Seperti dilansir dari IFL Science Kamis (25/1/2024), analisis terhadap kaki belakang Oviraptor philoceratops menunjukkan bahwa spesies ini memiliki kaki yang lebih panjang dan lebih kuat daripada oviraptor lain.

Hal ini menunjukkan bahwa Oviraptor philoceratops adalah hewan yang lebih aktif dan gesit, dan mungkin memiliki gaya hidup yang berbeda dari oviraptor lain.

Oviraptor philoceratops juga merupakan spesies caenagnathid baru yang ditemukan di Formasi Hell Creek.

Formasi ini merupakan tempat penemuan dinosaurus terkenal lainnya, seperti Tyrannosaurus rex dan Triceratops. Penemuan Oviraptor philoceratops menunjukkan bahwa ekosistem Hell Creek memiliki keanekaragaman dinosaurus caenagnathid yang lebih besar daripada yang diperkirakan sebelumnya.

Keanekaragaman dinosaurus caenagnathid di Formasi Hell Creek mungkin merupakan hasil dari perubahan iklim dan lingkungan yang terjadi pada akhir Zaman Kapur.

Perubahan-perubahan ini mungkin telah menciptakan peluang bagi spesies baru untuk berkembang.

Penemuan Oviraptor philoceratops menambah pengetahuan kita tentang dinosaurus caenagnathid dan ekosistem Hell Creek.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.5348 seconds (0.1#10.140)