Timur Tengah Memanas, Iran Luncurkan 3 Satelit ke Luar Angkasa

Senin, 29 Januari 2024 - 07:00 WIB
loading...
Timur Tengah Memanas, Iran Luncurkan 3 Satelit ke Luar Angkasa
Iran meluncurkan tiga satelit ke luar angkasa. (Foto: Tasnim)
A A A
JAKARTA - Di tengah ketegangan di kawasan Timur Tengah, Iran meluncurkan tiga satelit ke luar angkasa. Peluncuran ini diduga terkait program peningkatan misil balistik negara tersebut.

Kantor berita resmi Iran, IRNA, sebagaimana dikutip dari Arab News, Senin (29/1/2024), menyatakan peluncuran satelit tersebut melibatkan penggunaan roket Simorgh. Dalam misi-misi sebelumnya, roket ini sempat mengalami kegagalan.

Sebelumnya, Amerika Serikat menyatakan bahwa peluncuran satelit oleh Iran melanggar resolusi Dewan Keamanan PBB dan mendesak Teheran untuk tidak melakukan aktivitas yang melibatkan misil balistik yang dapat membawa senjata nuklir . Namun faktanya sanksi PBB terkait program misil balistik Iran berakhir pada Oktober 2023.



Assessment ancaman global intelijen Amerika Serikat pada tahun 2023 menyebutkan bahwa pengembangan wahana peluncuran satelit berpotensi dipakai Iran mengembangkan misil balistik antarbenua karena menggunakan teknologi serupa.



Kendati demikian, dalam berbagai kesempatan Iran selalu membantah peluncuran satelitnya untuk tujuan militer dan pengembangan nuklir.
(msf)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1650 seconds (0.1#10.140)