25 Ribu Karpet Masjid Nabawi Dipasang Chip Khusus, untuk Apa?

Senin, 29 Januari 2024 - 07:15 WIB
loading...
25 Ribu Karpet Masjid Nabawi Dipasang Chip Khusus, untuk Apa?
Pemerintah Arab Saudi mencatat lebih dari 280 juta umat muslim beribadah di Masjid Nabawi pada tahun lalu. (Foto: SPA)
A A A
JAKARTA - Ribuan karpet di Masjid Nabawi di Kota Madinah, Arab Saudi dilengkapi dengan chip khusus. Perangkat elektronik tersebut dipasang untuk melacak posisinya dan mengetahui riwayat pembersihan, sterilisasi, serta pemberian parfumnya.

Kantor berita Arab Saudi, Senin (29/1/2024), menyebut pemindaian kode-kode batang pada 25 ribu karpet ini juga memberikan informasi mengenai tanggal pembuatan, penggunaan, lokasi, dan waktu pencuciannya.

Masjid Nabawi merupakan tempat suci kedua setelah Masjidil Haram di Arab Saudi. Di tempat ini terdapat makam Nabi Muhammad SAW. Sepanjang tahun, jutaan umat muslim dari berbagai penjuru dunia datang ke Masjid Nabawi untuk berziarah ke makam Nabi SAW dan beribadah di masjid. Pemerintah Arab Saudi mencatat lebih dari 280 juta umat muslim beribadah di Masjid Nabawi pada tahun lalu.

25 Ribu Karpet Masjid Nabawi Dipasang Chip Khusus, untuk Apa?




Sebagai tempat suci Islam kedua, Masjid Nabawi pun menjadi perhatian penuh dari pihak kerajaan Arab Saudi. Tanggung jawab pemeliharaan Masjid Nabawi diberikan ke sebuah lembaga khusus untuk menjamin kenyamanan bagi para jamaah. Salah satunya terkait dengan karpet masjid.

Lebih dari 25 ribu karpet terbentang di seluruh area masjid dan halaman. Karpet-karpet tersebut dibersihkan dan diberi wewangian setiap hari dengan parfum terbaik.



Pemerintah Arab Saudi memperkirakan sekitar 10 juta umat muslim dari luar negeri akan melaksanakan ibadah umrah pada tahun ini. Menteri Haji dan Umrah Saudi Tawfiq Al Rabiah menyatakan pada tahun lalu, jumlah jamaah umrah mencapai rekor sebanyak 13,5 juta jemaah.
(msf)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2221 seconds (0.1#10.140)