Persiapan Daftar, Ini 3 Skema Beasiswa IISMA 2024 yang Perlu Diketahui

Rabu, 31 Januari 2024 - 10:53 WIB
loading...
Persiapan Daftar, Ini 3 Skema Beasiswa IISMA 2024 yang Perlu Diketahui
Beasiswa IISMA adalah program beasiswa dari Kemendikbudristek yang memberikan mahasiswa kesempatan belajar di perguruan tinggi luar negeri ternama selama satu semester atau 4-6 bulan.Foto/Ist
A A A
JAKARTA - Ini 3 skema beasiswa IISMA 2024 yang perlu diketahui calon pendaftar.Kamu sedang mencari beasiswa? Beasiswa Indonesia International Student Mobility Awards (IISMA) bisa dicoba.

Beasiswa IISMA adalah program beasiswa dari Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) yang memberikan mahasiswa Indonesia kesempatan belajar di perguruan tinggi luar negeri ternama selama satu semester atau selama 4-6 bulan.

Sebelum mendaftar, kamu perlu mengetahui skema beasiswa IISMA yang ada. Untuk lebih jelasnya, artikel kali ini akan membahasnya, simak ya!

3 Skema Beasiswa IISMA 2024


1. Skema reguler


Pada skema reguler, mahasiswa akan me dapatkan beasiswa penuh mulai dari biaya pendidikan, biaya hidup, hingga biaya kesehatan. Skema reguler juga membiayai pembuatan visa dan tiket keberangkatan kelas ekonomi.

2. Skema afirmasi


Skema afirmasi adalah beasiswa penuh dari Kemendikbudristek untuk mahasiswa yang berasal dari wilayah tertinggal sesuai dengan Peraturan Presiden Nomor 63 Tahun 2020 tentang Penetapan Daerah Tertinggal Tahun 2020-2024.

Tidak hanya itu, skema afirmasi juga ditujukkan untuk mahasiswa penerima Kartu Indonesia Pintar (KIP-Kuliah) atau mahasiswa penerima Beasiswa Bidikmisi.

3. Skema co-funding


Skema terakhir adalah skema co-funding yakni untuk mahasiswa Indonesia yang hendak mendapatkan pengalaman belajar di perguruan tinggi luar negeri dengan pembiayaan yang berasal dari dua pihak, yaitu dana dari pemerintah dan mahasiswa secara mandiri.


Cara Daftar IISMA 2024


Pendaftaran IISMA 2024 sudah dibuka sejak 23 Januari hingga 14 Februari 2024. Apabila berminat daftar IISMA, mahasiswa bisa langsung mengikuti cara berikut:

1. Buka laman https://iisma.kemdikbud.go.id/.

2. Klik login.

3. Jika belum punya akun, klik create account di bawah sendiri.

4. Isi email, username, password, bila diminta aktivasi email maka bisa cek email pribadi.

5. Isi identitas diri sesuai dengan data yang terdaftar di Pangkalan Data Pendidikan Tinggi (PDDIKTI).
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2196 seconds (0.1#10.140)