10 Bintang Termahal di Piala Dunia 2018

Rabu, 13 Juni 2018 - 01:01 WIB
10 Bintang Termahal di Piala Dunia 2018
10 Bintang Termahal di Piala Dunia 2018
A A A
MOSCOW - Piala Dunia 2018 menjadi panggung unjuk kebolehan para bintang sepak bola dunia. Mereka memukau penggila sepak bola tak hanya dengan skill dan kemampuan menggoreng bola yang mumpuni, juga soal nilai transfer yang melekat pada mereka. Dari 32 negara peserta yang berjibaku di Rusia 14 Juni-15 Juli, Brasil sedikitnya menyumbang 2 dari 10 pemain dengan nilai termahal.

Kontributor Forbes, Robert Kidd, coba menganalisa 10 pemain yang menjadi bintang termahal di Piala Dunia. Dalam laporannnya, Kidd tak hanya melihat nilai kontrak, juga biaya transfer kumulatif.

Dalam menilai pemain termahal di Piala Dunia, Kidds menggabungkan semua biaya transfer sepanjang karier, berdasarkan harga di laman transfermarkt.com dan laporan berita. Nilai berdasarkan nilai tukar terbaru.

Neymar Jr menjadi pemain termahal, dengan nilai transfer 222 juta euro (Rp3,6 trilun), saat Paris Saint-Germain (PSG) membelinya dari Barcelona musim panas lalu. Klub juga membayar sang pemain hingga total dana yang harus dikeluarkan PSG mencapai 310 euro (Rp5,1 triliun).

Penyerang Portugal Cristiano Ronaldo menduduki 10 besar, sementara bintang Argentina Lionel Messi justru tidak masuk, mengingat dia telah bermain untuk Barcelona sejak usia 13 tahun. Barcelona dan PSG memiliki pemain paling banyak dari daftar pemain termahal, yakni masing-masing tiga pemain.

Dalam analisis ini, kejutan muncul ketika nama Angel Di Maria (Argentina/PSG) yang beberapa kali berpindah klub, bertengger di peringkat 3 termahal mengalahkan Luis Suarez (Uruguay/Barcelona).

Berikut 10 bintang termahal di Piala Dunia 2018 versi Forbes

1. Neymar (Brasil) - 310 juta euro (Rp5,1 triliun)
Neymar memecahkan rekor transfer dunia ketika dia pindah ke PSG dari Barcelona musim panas lalu. Nilainya akan terus naik, jika Real Madrid terus berupaya memboyongnya.

2. Kylian Mbappe (Prancis/PSG) - 180 juta euro (Rp2,9 triliun)
Pemain termuda dalam daftar, Mbappe yang berusia 19 tahun baru sekali pindah klub. Tapi, PSG berani mengeluarkan total 180 juta euro kepada AS Monaco.

3. Angel Di Maria (Argentina) - 179 juta euro (Rp2,9 triliun)
Di Maria melengkapi pemain PSG yang masuk tiga besar. Pemain sayap Argentina ini pernah menerima pingangan klub-klub sebelumnya, Benfica, Real Madrid, dan Manchester United, dengan biaya transfer yang lumayan besar. Pada Agustus 2014 dia pindah dari Madrid ke United senilai 75 juta euro, tetapi meninggalkan United musim panas berikutnya seharga 63 juta euro.

4. Gonzalo Higuain (Argentina) - 141 juta euro (Rp2,3 triliun)
Juventus membayar Napoli untuk striker mematikan pada tahun 2016 senilai 90 juta euro atau setara Rp1,4 triliun untuk menempatkannya di posisi keempat dalam daftar. Dia telah bergabung dengan Napoli dari Real Madrid senilai 39 juta euro.

5. James Rodriguez (Kolombia) - 140m (Rp2,3 triliun)
Gelandang kreatif berusia 26 tahun ini memiliki nilai transfer besar dari Porto dan AS Monaco tetapi menghadapi masa depan yang tidak pasti di klub induk Real Madrid setelah menghabiskan musim lalu dengan status pinjaman di Bayern Muenchen.

6. Romelu Lukaku (Belgia) - 138 juta euro (Rp2,2 triliun)
Satu-satunya pemain Liga Inggris saat ini dalam daftar adalah striker Manchester United, Lukaku. Dia pindah ke klub Inggris ketiganya musim panas lalu ketika United membayar Everton hampir 85 juta euro (Rp1,4 triliun) untuk jasanya.

7. Philippe Coutinho (Brasil) - 136 juta euro (Rp2,2 triliun)
Penyerang Barcelona adalah pemain Brasil kedua dalam daftar. Dia bergabung dengan raksasa Spanyol dari Liverpool dengan nilai transfer 120 juta (Rp1,9 triliun).

8. Ousmane Dembele (Prancis) - 130 juta euro (Rp2,1 triliun)
Pemain depan Prancis berusia 21 tahun itu diberitakan akan pindah dari Barcelona setelah musim debut yang mengecewakan. Dia tiba di Camp Nou dengan nilai transfer 105 juta euro (Rp1,7 triliun) dari Borussia Dortmund, bergabung dengan pemain termahal kedua di dunia.

9. Luis Suarez (Uruguay) - 116 juta euro (Rp1,9 triliun)
Dikenal untuk momen Piala Dunia kontroversial hampir sama dengan mencetak gol, Suarez adalah yang lain dijual oleh Liverpool ke Barcelona untuk biaya uang besar - transfer keempat dalam karirnya. Suarez memiliki total biaya transfer yang sama dengan striker Spanyol Alvaro Morata, tetapi pemain Chelsea itu tidak dipilih dalam skuad negaranya.

10. Cristiano Ronaldo (Portugal) - 113 juta euro (Rp1,8 triliun)
Salah satu pemain terbaik dunia, Ronaldo masuk dalam daftar ini. Biaya transfernya melonjak sejak dibeli Madrid 94 juta euro dari Manchester United pada tahun 2009. Pembicaraan bintang Portugal ingin meninggalkan Madrid terus berkembang, jika terjadi, ini akan menjadi mega transfer musim 2018/2019.
(sha)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5884 seconds (0.1#10.140)