Debat Terakhir Pilpres 2024: Ini Lokasi, Tema, Moderator, dan Panelisnya

Minggu, 04 Februari 2024 - 03:04 WIB
loading...
Debat Terakhir Pilpres 2024: Ini Lokasi, Tema, Moderator, dan Panelisnya
Prabowo Subianto, Ganjar Pranowo, dan Anies Baswedan saat tampil dalam Debat Ketiga Pilpres 2024 di Istora Senayan, Jakarta, Minggu (7/1/2024) malam. Foto/Aldhi Chandra
A A A
JAKARTA - Debat terakhir Pilpres 2024 akan digelar Minggu, 4 Februari 2024 malam ini. Debat kali ini kembali mempertemukan tiga calon presiden (capres) yakni Anies Baswedan, Prabowo Subianto, dan Ganjar Pranowo.

Diketahui, Komisi Pemilihan Umum ( KPU ) menggelar lima kali debat Pilpres 2024. Tiga kali debat mempertemukan capres, dua kali debat mempertemukan calon wakil presiden (cawapres).

Pada malam hari nanti, debat akan kembali mempertemukan tiga capres. Sebelumnya, ketiga capres beradu gagasan dalam forum debat pada 12 Desember 2023 dan 7 Januari 2024.

Jelang debat terakhir Pilpres 2024, KPU telah menentukan lokasi, tema, moderator, maupun panelis. Berikut ini ulasannya

1. Lokasi

Debat terakhir Pilpres 2024 akan digelar di Jakarta Convention Center (JCC), Senayan, Jakarta. Ini bukan pertama kalinya JCC menjadi venue debat. Sebelumnya, JCC digunakan pada debat cawapres pada 22 Desember 2023 dan 21 Januari 2024.

2. Tema

Tema besar yang telah disepakati yakni Kesejahteraan Sosial, Pembangunan SDM, dan Inklusi. Sedangkan, sub tema dari debat kelima ini yakni Pendidikan, Kesehatan, Ketenagakerjaan, Kebudayaan, Teknologi Informasi, Kesejahteraan Sosial, dan Inklusi.

"Itu tema-tema yang nanti akan disusun dalam bentuk pertanyaan-pertanyaan yang akan dilakukan oleh tim panelis," ujar Anggota KPU August Mellaz setelah menggelar rapat koordinasi bersama tim pasangan calon (paslon) serta pihak televisi penyelenggara yang digelar di Kantor KPU, Jalan Imam Bonjol, Jakarta, Rabu (31/1/2024).

3. Moderator

KPU telah mendapuk moderator yang akan bertindak memimpin jalannya Debat Kelima Pilpres 2024 yang akan digelar pada malam nanti. "Kami sudah tetapkan untuk moderator debat kelima nanti di tanggal 4 Februari itu, Andromeda Mercury dan Dwi Anggia dari TV One," kata August Mellaz.

4. Panelis


KPU juga telah mengumumkan sebanyak 12 nama panelis untuk pelaksanaan debat kelima ini. Pengumuman ini disampaikan August Mellaz. "Kami sudah mendapatkan konfirmasi kesediaan dari 12 orang panelis untuk debat kelima mendatang," kata Mellaz.

Para penelis ini akan menyusun daftar pertanyaan terkait tema-tema yang telah ditetapkan. Berikut nama-nama panelis tersebut:

1. Prof. Dr. Aminuddin Syam, SKM, M.Kes, M.Med.Ed
- Guru Besar Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Hasanuddin
- Ketua Umum perhimpunan sarjana dan profesional kesehatan Masyarakat Indonesia (Persakmi) Periode 2022-2026

2. Prof. Asep Saepudin Jahar, MA, Ph.D.
- Rektor Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta 2023-2027

3. Bahruddin
- Inisiator Komunitas Belajar Qaryah Thayyibah dan Anggota Badan Akreditasi Nasional Pendidikan Anak Usia Dini, Dasar dan Menengah (BAN POM).

4. Damar Juniarto, S.Sos
- Akademisi di UPN Veteran Jakarta
- Pendiri PIKAT Demokrasi dan Penasihat Southeast Asia Freedom of Expression Network (SAFEnet)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0726 seconds (0.1#10.140)