VAR adalah Solusi Fair Game di Piala Dunia 2018

Rabu, 13 Juni 2018 - 18:23 WIB
VAR adalah Solusi Fair Game di Piala Dunia 2018
VAR adalah Solusi Fair Game di Piala Dunia 2018
A A A
MOSCOW - Siapa yang tidak mengenal sosok Pierluigi Collina? Saat masih memimpin di lapangan hijau sosoknya amat ditakuti para pesepakbola. Bahkan seorang bintang sekalipun.Kini, sang Italiano menjabat sebagai Ketua Komite Wasit FIFA. Khusus untuk Piala Dunia 2018 dia mengungkapkan saat ini seluruh pihak harus mau menerima Video Assistant Referee (VAR).Pria yang berulang kali terpilih sebagai wasit terbaik dunia ini menjelaskan kemajuan teknologi akan membuat sepak bola semakin fair. Bagaimana penjelasan selengkapnya, serta tips apa yang dia berikan kepada para pengadil di Piala Dunia kali ini. Berikut petikan wawancara wartawan SINDONews Hanna Farhana Fauzie, dari Moskow, Rusia.

Untuk pertama kalinya VAR akan digunakan di Piala Dunia. Dan, masih banyak komentar negatif terkait VAR.

Ini adalah saatnya. Kami me-review teknologi ini sudah beberapa tahun. Dan, semua tentang VAR adalah positif. Tentu saja kita harus merangkulnya. Ini adalah image of the game. Kami optimistis Piala Dunia 2018 akan berjalan lancar, karena Rusia sudah sangat siap. Para wasit juga sudah sangat paham terkait penerapan VAR. Perlu dipahami teknologi amatlah membantu karena wasit memiliki keterbatasan, kejadian bisa berlangsung sangat cepat, wasit tidak ada dekat pemain, jadi tak terlihat. Dengan VAR tidak ada abu-abu, yang ada hanya hitam dan putih. Saat ini VAR adalah buah bibir, dan kami di Komite Wasit FIFA yakin VAR akan mendatangkan perubahan yang positif di Piala Dunia.

Dalam penerapan VAR, berapa lama masa deliberasi untuk menunggu keputusan?

Sejauh ini sekitar satu hingga 1.30 menit.



Apakah yang bertugas di balik VAR juga akan berpakaian dan memakai perlengkapan layaknya wasit?

Ya betul. Mereka akan memakai kit yang sama dengan wasit yang ada di lapangan. Mereka saling terhubung. Ofisial VAR juga berkeringat seperti wasit yang bertugas di lapangan. Jadi, ofisial VAR tidak akan memakai kemeja dan jas, mereka memakai kit wasit.

Sebelum Piala Dunia berlangsung, ada wasit yang terindikasi allegation dan mereka awalnya digadang-gadang bakal tampil di Piala Dunia?

Ya, itu sangat memukul. Tapi, kami jamin nama mereka tidak ada di list wasit atau ofisial pertandingan di Piala Dunia. FIFA sangat strict terhadap allegation, penyuapan atau hal lainnya. Semua yang terindikasi tidak akan ada di sini.

VAR adalah Solusi Fair Game di Piala Dunia 2018
(bbk)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.3662 seconds (0.1#10.140)