alexametrics

Piala Dunia 2018

Data dan Fakta Menarik Laga Perdana Piala Dunia 2018

loading...
Data dan Fakta Menarik Laga Perdana Piala Dunia 2018
Rusia menorehkan beberapa catatan menarik setelah mencukur Arab Saudi dengan skor telak 5-0 di laga pembuka Piala Dunia 2018. Foto: Reuters
A+ A-
MOSCOW - Rusia menorehkan beberapa catatan menarik setelah mencukur Arab Saudi dengan skor telak 5-0 di laga pembuka Piala Dunia 2018.

Bertanding di Stadion Luzhniki, Kamis (14/6/2018) malam WIB, Rusia langsung tampil dalam kepercayaan diri tinggi. Selain sebagai tuan rumah, mereka juga berlaga disaksikan langsung Presiden Rusia, Vladimir Putin.

Gol kemenangan Rusia dicetak Yuri Gazinskiy (12'), Denis Cheryshev (43', 90'), Artem Dzyuba (71') dan Aleksandr Golovin (90 +5'). (Baca juga: Start Sempurna Timnas Rusia di Piala Dunia 2018)

Dengan kemenangan tersebut Rusia kini memuncaki klasemen dengan tiga poin. Sementara Arab Saudi terbenam di dasar klasemen Grup A dengan poin 0.



Berikut Fakta Menarik


- Sergei Ignashevich menjadi pemain tertua yang tampil di Piala Dunia Rusia 2018. Usianya saat memperkuat Rusia di laga kontra Arab Saudi adalah 38 tahun 335 hari.

- Pencetak gol pertama di Piala Dunia 2018 adalah Yuri Gazinskiy (Rusia). Dia mencatatkan namanya setelah mengoyak gawang Arab Saudi di menit ke-12.

- Yuri Gazinskiy menjadi pemain pertama yang mencetak gol dengan peluang menembak pertama setelah Philipp Lahm (Jerman) pada tahun 2006.

- Artem Dzyuba hanya butuh 89 detik untuk mencetak gol setelah masuk sebagai pemain pengganti di babak kedua. Rekor gol tercepat pemain pengganti masih dipegang Marcin Zewlakow (64 detik) saat Polandia melawan Amerika Serkat di Piala Dunia 2002.

- Kemenangan 5-0 Rusia atas Arab Saudi tercatat sebagai yang terbesar kedua di Piala Dunia. Rekor masih dipegang Rusia ketika mengalahkan Kamrun dengan skor 6-1 pada tahun 1994.

- Kemenangan besar ini tercatat sebagai pesta gol di laga pembuka paling meriah kedua setelah Italia menang 7-1 melawan Amerika Serikat di Piala Dunia 1937.

- Aleksandr Golovin adalah aktor kunci kemenangan Rusia atas Arab Saudi. Dia menciptakan lima peluang mencetak gol, dua diantaranya berbuah menjadi gol.

(sha)
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak