Kesaktian Ki Gede Sela, Cucu Raja Majapahit Terakhir yang Terkenal Bisa Menangkap Petir

Kamis, 08 Februari 2024 - 07:38 WIB
loading...
Kesaktian Ki Gede Sela, Cucu Raja Majapahit Terakhir yang Terkenal Bisa Menangkap Petir
Ki Gede Sela, cucu Raja Majapahit terakhir Lembu Peteng konon dikenal sebagai sosok yang mendirikan Kota Solo. Ki Gede Sela dikenal sakti dan mampu menangkap petir. Foto/Ilustrasi/Dok.SINDOnews
A A A
SOLO merupakan salah satu kota di Jawa Tengah yang didirikan oleh Ki Gede Sela. Sosok Ki Ageng Sela terkenal kesaktiannya dan mampu menangkap petir.

Sosoknya konon masih merupakan anak dari Ki Getas Pandawa, yang merupakan anak dari raja terakhir Kerajaan Majapahit Lembu Peteng atau Bondan Kejawan.

Getas Pandawa mempunyai tujuh orang anak, di mana Ki Ageng Sela anak tertua merupakan satu-satunya anak laki-laki. Sedangkan enam adik-adiknya merupakan seorang perempuan.



Kesaktian Ki Gede Sela digambarkan pada naskah kuno Serat Kandha, di mana saat itu Pangeran Sabrang Lor dari Demak meninggal dunia.

Ketika itu, semua Wali Songo dan ulama-ulama Islam tengah berkumpul di masjid besar Demak.

Dikisahkan dari buku "Awal Kebangkitan Mataram : Masa Pemerintahan Senapati" tulisan dari H.J. De Graaf, setelah melakukan salat Jumat pergilah mereka ke halaman depan masjid untuk memilih raja baru.

Langit terlihat ada segumpal awan gelap, yang dengan cepat meluas, hingga menimbulkan cuaca buruk.



Tak berselang lama, kemudian sambaran-sambaran petir pun muncul. Sesaat kemudian Ki Gede Sela tiba, ia disambar petir. Ajaibnya, petir itu justru ditangkap oleh Ki Gede Sela.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2391 seconds (0.1#10.140)