Kisah Warga Suriah: Bukan Hanya Gempa Bumi, Puluhan Bom Jatuh di Kamp Kami

Kamis, 08 Februari 2024 - 17:39 WIB
loading...
Kisah Warga Suriah: Bukan Hanya Gempa Bumi, Puluhan Bom Jatuh di Kamp Kami
Bukan hanya gempa bumi yang membuat saya takut – puluhan bom jatuh di kamp kami. Foto/Ilustrasi: al Jazeera
A A A
Berikut ini adalah penuturan Rasha Muhrez, Direktur Respons Save the Children di Suriah. Dia menghabiskan sebagian besar karirnya bekerja di Afrika dan Timur Tengah dalam keadaan darurat yang kompleks dan negara-negara dalam transisi, termasuk Suriah , Yaman, Niger, Sudan dan Sudan Selatan.

Rasha Muhrez menuangkan dalam artikelnya berjudul "It’s been a year since the earthquake and Syrians feel forgotten once again" yang dilansir Al Jazeera pada 6 Februari 2024. Berikut artikel tersebut:

Ketika gempa bumi melanda Turki dan Suriah tahun lalu, yang merenggut lebih dari 50.000 nyawa, pertanyaan yang muncul di benak banyak warga Suriah, termasuk saya sendiri, adalah: “Apakah keadaan bisa menjadi lebih buruk?” Sayangnya, keadaan menjadi lebih buruk.



Mayoritas warga Suriah yang terkena dampak gempa belum mampu bangkit dari kehancuran. Saya melihat ini di keluarga saya sendiri. Sepupu saya yang berusia 16 tahun, Naya, tidak bisa melupakan kehilangan saudara perempuannya – sepupu saya Maya yang berusia 18 tahun – yang terbunuh bersama empat anggota keluarga lainnya ketika rumah keluarga kami di Jableh runtuh.

Kesedihannya yang tak henti-hentinya terlihat dari postingan media sosial yang terus-menerus menampilkan gambar serba hitam dan emoji patah hati.

Pada peringatan gempa bumi, dia menulis: “Sudah setahun, Mimi, dan kamu jauh dari kami. Kami merindukan suaramu. Kami rindu tawamu. Kami sangat merindukanmu. Tidak ada apa pun di dunia ini yang dapat mengimbangi ketidakhadiran Anda dari kami.”

Kita sering bertanya pada diri sendiri apakah orang yang kita cintai bisa diselamatkan, andai saja tim penyelamat tiba tepat waktu, andai saja dunia tidak mengabaikan warga Suriah, andai saja perang tidak pernah terjadi. Tubuh sepupu saya masih hangat ketika dikeluarkan dari reruntuhan.

Gempa bumi menghancurkan populasi yang sudah menderita. Warga Suriah kehilangan anggota keluarga, rumah, mata pencaharian, dan sedikitnya rasa stabilitas yang mungkin mereka miliki di tengah perang yang terus berlanjut.



Selama setahun terakhir, jumlah warga Suriah yang membutuhkan bantuan kemanusiaan telah meningkat dari 15,3 juta menjadi 16,7 juta, yang merupakan jumlah tertinggi sejak dimulainya permusuhan sekitar 13 tahun lalu. Namun, kebutuhan yang lebih besar ini belum dapat dipenuhi dengan pendanaan yang memadai; sebaliknya, kontribusinya justru menyusut.

Sebagai pekerja kemanusiaan, kita diminta untuk membuat prioritas – yaitu membuat pilihan yang mustahil. Jika situasinya tidak berubah, saya khawatir akan terjadi dampak buruk bagi anak-anak Suriah.

Konflik, Krisis Ekonomi dan Perubahan Iklim

Sejak terjadinya gempa bumi, negara ini menghadapi sejumlah tantangan yang memperburuk situasi, termasuk konflik yang kembali terjadi, krisis ekonomi yang parah, dan bencana terkait perubahan iklim.

Peningkatan konflik yang paling signifikan dalam lima tahun terakhir terjadi di Suriah utara pada bulan Oktober, menewaskan dan melukai puluhan orang serta membuat sedikitnya 120.000 orang mengungsi di wilayah barat laut Suriah yang dikuasai oposisi. Serangan udara di Suriah selatan dan tengah pada bulan Januari telah menimbulkan ancaman tambahan.

Krisis ekonomi yang sedang berlangsung, yang diperburuk oleh sanksi, telah membuat kehidupan warga Suriah menjadi tak tertahankan.



Pada tahun 2023, mata uang Suriah kehilangan hampir 60 persen nilainya terhadap dolar. Hal ini dibarengi dengan meroketnya inflasi yang mengubah kebutuhan pokok menjadi barang mewah.

Yang mengejutkan, 90 persen rumah tangga kesulitan memenuhi kebutuhan pokok, sehingga keluarga harus mengambil keputusan sulit untuk anak-anak mereka.

“Kami hampir tidak bisa bertahan… semuanya menjadi mahal,” kata Zaina, ibu dari enam anak, yang tinggal di kamp informal di Raqqa yang didukung oleh Save the Children.
Halaman :
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1518 seconds (0.1#10.140)