alexametrics

Piala AFF U-19 2018

Lewat Drama Adu Penalti Malaysia Gagalkan Timnas Indonesia U19 ke Final

loading...
Lewat Drama Adu Penalti Malaysia Gagalkan Timnas Indonesia U19 ke Final
Timnas Indonesia U19 gagal melangkah ke final setelah dikalahkan Malaysia lewat drama adu penalti. Foto : PSSI
A+ A-
SIDOARJO - Timnas Indonesia U19 gagal melangkah ke final Piala AFF U19 2018 setelah disingkirkan Malaysia. Drama adu penalti menjadi penentu Malaysia lolos ke babak puncak dan akan menantang Myanmar di partai puncak yang akan berlangsung 14 Juli mendatang.

Adu penalti harus dilakukan setelah kedua tim bermain 1-1 di waktu normal. Dari lima algojo yang disiapkan pelatih Indra Sjafri, hanya M Lutfi dan Todd Ferre yang berhasil melaksanakan tugasnya. Sementara Withan Sulaiman, Firza Andika dan Hanis Saghara gagal menembus gawang Malaysia yang dikawal Muhammad Azri.

Sementara tiga dari empat penendang Malaysia berhasil berhasil merobek gawang M Riyandi. Skor akhir 4-3 untuk Malaysia pun jadi penanda kegagalan Indonesia ke partai puncak.

Pada pertandingan yang berlangsung di Stadion Delta Sidoarjo, Kamis (12/7/2018), kedua tim langsung bermain terbuka sejak awal pertandingan. Hadirnya Egy Maulana Vikri yang baru dimainkan di laga semifinal itu membuat perbedaan. Pemain muda nasional seolah mendapatkan kepercayaan diri kembali.

Dan benar saja ketika pertandingan baru berlangsung dua menit, Indonesia langsung mendapatkan peluang emas. Berawal dari tusukan Saddil Ramdani dari sisi kiri pertahanan Malaysia dijatuhkan pemain Malaysia di kotak penalti. Wasit tak ampun dan langsung memberikan penalti buat Indonesia. Egy yang tampil sebagai algojo berhasil menunaikan tugasnya dan membuat Indonesia unggul.

Malaysia yang terkejut dengan gol cepat ini coba merespon dengan langsung bermain terbuka. Beberapakali serangan anak asuh Bojan Hodak merepotkan barisan pertahanan Indonesia.

Tekanan yang diberikan Malaysia akhirnya benar-benar berbuah gol. Di menit 14, kapten tim Muhammad Syaiful berhasil menyamakan kedudukan setelah tandukannya memanfatkan tendangan sudut tak bisa diantisipasi kiper Muhamad Riyandi.

Memasuki menit 19, aksi Egy yang menggoyang sisi kiri pertahanan Malaysia menghasilkan tendangan bebas. Saddil Ramdani yang mengambil tendangan tersebut nyaris membawa Indonesia unggul. Sayang tendangan melengkung kaki kirinya masih membentur tiang jauh gawang Malaysia.

Di menit 27, Egy kembali memperlihatkan kualitasnya. Setelah mendapatkan umpan ke dalam kotak penalti, Egy mengotak atik bola yang dilanjutkan dengan tendangan keras. Sayang bolanya masih bisa dimentahkan kiper lawan.

Jual beli serangan terus berlangsung. Para pemain Malaysia yang mendapatkan tekanan suporter Indonesia pun terlihat tak gentar. Terbukti barisan belakang Indonesia beberapa bisa diterobos.

Dan permainan terbuka kedua tim terus berlangsung sampai peluit babak pertama dibunyikan. Sayangnya tidak ada gol yang tercipta dan skor 1-1 bertahan turun minum.

Di babak kedua, pelatih Indra Sjafri menambah kekuatan serangan dengan memasukan Rivaldo Todd Ferre yang menggantikan Muhammad Rafli.

Hasilnya positif setelah pertahanan Malaysia berhasil diobrak-abrik. Peluang bisa diperoleh meski belum membuahkan gol.
halaman ke-1 dari 2
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak