Sampaoli Dipecat, Argentina Berburu Pelatih Keempat dalam 4 Tahun

Senin, 16 Juli 2018 - 12:29 WIB
Sampaoli Dipecat, Argentina Berburu Pelatih Keempat dalam 4 Tahun
Sampaoli Dipecat, Argentina Berburu Pelatih Keempat dalam 4 Tahun
A A A
BUENOS AIRES - Argentina resmi pecah kongsi dengan Jorge Sampaoli, Minggu (15/7/2018). Mantan Pelatih Sevilla itu dinilai gagal membawa Argentina di Piala Dunia 2018. Tim Tango disingkirkan jawara edisi tahun ini, Prancis, di babak 16 besar."Asosiasi Sepak Bola Argentina dan mantan pelatih tim nasional Jorge Sampaoli hari ini mencapai kesepakatan bersama untuk membatalkan kontraknya," kata AFA dalam sebuah pernyataan.

AFA berterima kasih kepada Sampaoli, 58 tahun, dan para asistennya, yang juga telah meninggalkan posisi mereka. Dengan keputusan itu berarti Argentina, juara dunia 1978 dan 1986, mencari pelatih keempat mereka dalam empat tahun.

Sampaoli mengambil alih kursi kepelatihan satu tahun lalu dan berhasil lolos ke Piala Dunia 2018 berkat kecemerlangan Lionel Messi. Argentina harus melakoni laga terakhir di penyisihan zona Conmebol untuk lolos Rusia.

Namun, di fase Grup D, Argetina hanya di posisi kedua setelah diimbangi Islandia 1-1, dikalahkan Kroasia 0-3, dan menang 2-1 atas Nigeria. Di babak 16 besar, Messi dkk dikalahkan Prancis 3-4.

Keputusan AFA untuk berpisah dengan Sampaoli telah diputuskan meskipun kontraknya hingga 2022. Sampaoli yang membawa Cile meraih gelar Copa America setelah menang atas Argentina di final 2015, mewarisi skuat yang menua di bawah federasi sepak bola yang kacau.

Argentina, yang telah memiliki tiga pelatih berbeda sejak Alejandro Sabella memimpin mereka ke final Piala Dunia 2014, kembali ke titik awal dalam pencarian pelatih untuk gelar internasional besar pertama sejak memenangkan Copa America pada tahun 1993.

Pelatih Tottenham Hotspur Mauricio Pochettino, Diego Simeone dari Atletico Madrid dan Marcelo Gallardo dari River Plate, disebut-sebut media lokal sebagai calon pengganti Sampaoli.

Sedangkan dua pelatih lokal Argentina lainnya, Jose Pekerman -yang menjadi pelatih Kolombia di Rusia- dan Ricardo Gareca, yang membawa Peru ke Piala Dunia pertama mereka dalam 36 tahun, juga masuk dalam daftar bidikian, bersama Jorge Almiron dari Atletico Nacional dan Matias Almeyda, yang baru saja mundur sebagai pelatih klub Meksiko Chivas.
(sha)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.9140 seconds (0.1#10.140)