5 Kandungan Vitamin untuk Redakan Gejala saat PMS, Pisang Kaya Magnesium

Jum'at, 16 Februari 2024 - 13:01 WIB
loading...
5 Kandungan Vitamin untuk Redakan Gejala saat PMS, Pisang Kaya Magnesium
Ada vitamin yang bisa meredakan masalah premenstrual syndrome (PMS). Salah satunya pisang. Foto/ times of india
A A A
JAKARTA - Premenstrual syndrome (PMS) adalah gejala-gejala fisik serta emosional yang biasanya muncul saat memasuki masa menstruasi pada wanita. Sekitar 70 – 90% wanita di dunia pasti pernah mengalami PMS selama masa reproduksinya.

Gejala-gejala yang timbul berbeda-beda pada tiap wanita, tapi biasanya saat masa PMS, gejala yang timbul, seperti nyeri perut atau punggung, perubahan nafsu makan, sakit kepala, mudah marah hingga perubahan mood yang drastis.



Bagi sebagian orang, gejala-gejala ini bisa mengganggu kelancaran aktivitas sehari-hari, terlebih pada gejala yang berkaitan dengan kondisi fisik. Meski tidak bisa dihilangkan, tetapi gejala tersebut bisa diredakan dengan mengkonsumsi makanan atau suplemen dengan kandungan tertentu lho.

Berikut beberapa kandungan yang bisa bantu redakan gejala tidak nyaman yang ditimbulkan saat PMS, seperti dilansir dari Health News, Jumat (16/2/2024).

Vitamin D

Vitamin D menjadi hormon pengatur kalsium dan penting dalam reproduksi wanita. Hal ini dapat mempengaruhi fluktuasi siklus hormon dan mengurangi nyeri terkait menstruasi. Anda bisa mengkonsumsi vitamin D dengan diimbangi dengan berjemur di bawah sinar matahari agar dapat mendapatkan vitamin D alami. Selain itu, Anda bisa mengkonsumsi makanan laut, susu kedelai, dan juga kuning telur untuk mendapatkan kandungan vitamin D dari makanan.

Kalsium

Wanita dengan kadar kalsium rendah dan asupan kalsium makanan berkurang mengalami gejala PMS lebih banyak dibandingkan wanita dengan nilai normal. Sehingga alangkah lebih baiknya, sebelum memasuki masa PMS, Anda sudah membekali diri dengan suplemen mengandung kalsium atau makanan dengan tinggi kalsium seperti susu, keju, dan bayam.

Zinc
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2530 seconds (0.1#10.140)