Kenali Perbedaan Saham, Reksadana dan Obligasi Sebelum Investasi

Jum'at, 16 Februari 2024 - 10:49 WIB
loading...
Kenali Perbedaan Saham, Reksadana dan Obligasi Sebelum Investasi
Perbedaan saham, reksadana dan obligasi yang perlu dipahami oleh calon investor. FOTO/dok.SINDOnews
A A A
JAKARTA - Perbedaan saham , reksadana dan obligasi ini perlu dipahami oleh siapapun yang berminat untuk investasi atau memahami beberapa jenis investasi di pasar modal. Investasi sendiri merupakan salah satu cara terbaik untuk menjaga atau mengembangkan aset.

Kini telah banyak instrumen atau jenis investasi yang dapat dipilih sesuai dengan kondisi keuangan. Tiga di antaranya yang cukup populer adalah saham, reksadana dan obligasi. Ketiganya merupakan instrumen investasi yang punya perbedaan cukup mencolok.

Perbedaan Saham, Reksadana dan Obligasi

1. Saham

Saham mewakili kepemilikan sebagian dari suatu perusahaan. Ketika seseorang membeli saham, mereka menjadi pemilik sebagian kecil dari perusahaan tersebut. Harga saham dapat naik atau turun tergantung pada kinerja perusahaan, kondisi pasar, dan faktor-faktor lainnya. Investor saham dapat memperoleh keuntungan dari kenaikan harga saham (capital gain) dan/atau dividen yang dibayarkan oleh perusahaan.

2. Reksadana

Reksadana merupakan wadah investasi yang mengumpulkan dana dari berbagai investor untuk diinvestasikan dalam portofolio sekuritas, seperti saham, obligasi, dan instrumen pasar uang lainnya. Investasi dalam reksadana memberikan investor akses ke berbagai instrumen keuangan yang mungkin sulit diakses secara individual. Nilai unit penyertaan (NUP) dari reksadana naik atau turun berdasarkan kinerja portofolio investasi yang dimiliki oleh reksadana tersebut.

3. Obligasi

Obligasi merupakan surat utang yang diterbitkan oleh pemerintah atau perusahaan untuk mendapatkan dana. Pada dasarnya, obligasi merupakan pinjaman yang diberikan oleh investor kepada penerbit obligasi. Pemegang obligasi memiliki klaim atas pembayaran bunga secara berkala dan pengembalian pokok pada tanggal jatuh tempo.

Tingkat bunga yang dibayarkan oleh obligasi ditentukan oleh tingkat suku bunga pasar pada saat penerbitan, dan nilai obligasi dapat berfluktuasi tergantung pada perubahan suku bunga.

Dari penjelasan tersebut dapat disimpulkan jika perbedaan utama antara saham, reksadana dan obligasi terletak pada sifat kepemilikan, potensi pengembalian, dan tingkat risiko yang terkait. Saham cenderung lebih berisiko tetapi dapat memberikan pengembalian yang tinggi dalam jangka panjang, sementara obligasi umumnya dianggap lebih aman tetapi dengan pengembalian yang lebih rendah. Reksadana, di sisi lain, mencakup berbagai jenis instrumen keuangan dengan tingkat risiko dan pengembalian yang bervariasi.

Itulah penjelasan tentang perbedaan saham, reksadana dan obligasi. Sebelum berinvestasi, penting untuk memahami karakteristik dan risiko masing-masing instrumen investasi serta mempertimbangkan tujuan keuangan dan toleransi risiko.
(nng)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0942 seconds (0.1#10.140)