Ciptakan Listrik Murah, China Bangun Pembangkit Raksasa di Gurun

Rabu, 21 Februari 2024 - 08:06 WIB
loading...
Ciptakan Listrik Murah, China Bangun Pembangkit Raksasa di Gurun
China membangun pembangkit raksasa di Gurun Gobi dan gurun lainnya di wilayah barat laut. (Foto: AFP)
A A A
JAKARTA - China tengah membangun pembangkit raksasa di Gurun Gobi dan gurun lainnya di wilayah barat laut untuk mendapatkan listrik murah. Lebih dari setengah fasilitas pembangkit listrik ini menggunakan energi angin dan energi surya.

Para ilmuwan dan insinyur yang memimpin revolusi energi ini memperkirakan kapasitas pembangkit listrik di barat laut China hampir mencapai 500 gigawatt. Ketika digabungkan dengan luas Gurun Gobi yang signifikan, angkanya mencapai 600GW. Sebagai perbandingan, semua pembangkit listrik di AS pada akhir 2022 menghasilkan sekitar 1.100GW.

Dilansir dari South China Morning Post, Rabu (21/2/2024), barat laut China terdiri dari lima provinsi meliputi wilayah seluas lebih dari 3 juta km persegi. Jaraknya dari laut dan medan yang tidak ramah, ditandai oleh gurun-gurun keras seperti Gurun Gobi dan Taklimakan, membuat populasi wilayah ini rendah. Namun, wilayah ini kaya sumber daya alam, termasuk minyak, batu bara, dan berbagai sumber energi hijau. Ini adalah sumber dari 60 persen energi surya China dan sepertiga dari energi anginnya.

Sejak tahun 1980-an, Qian Xuesen, ilmuwan yang membantu mendirikan Laboratorium Propulsi Jet NASA dan kemudian mengembangkan program antariksa China, membayangkan memanfaatkan sumber energi angin dan surya yang luas di Gurun Gobi untuk memenuhi kebutuhan energi negara. Namun, hal itu tampaknya hanya sebatas mimpi belaka mengingat keterbatasan teknologi saat itu.



Namun sekarang, pembangkit listrik di wilayah barat laut telah menghidupkan tahap awal sistem energi baru ini. Profesor Ma Xiaowei dan timnya dari Perusahaan Grid Negara China dan Universitas Jiaotong Xian menyatakan kapasitas terpasang energi terbarukan di wilayah ini telah mencapai 230GW, dengan separuh listrik tersebut ditransmisikan melalui 10 jalur transmisi arus searah ultra tegangan tinggi ke provinsi-provinsi pesisir timur yang padat penduduk.

"Jalur-jalur listrik ini membentang ribuan kilometer, melintasi hampir seluruh lebar China, menjadikan grid listrik barat laut sebagai grid listrik regional dengan kapasitas keluaran terkuat dan skala terbesar di dunia," kata Ma.

Selama beberapa dekade, Uni Eropa telah memanfaatkan kapasitas ekonominya, populasi yang padat, dan kelompok advokasi lingkungan untuk memimpin transisi ke energi hijau dan melawan perubahan iklim. Raksasa global seperti Siemens di Jerman dan Schneider Electric di Prancis telah mendorong kemajuan teknologi dan keahlian di sektor ini.

Tetapi setelah perbandingan yang cermat, tim Ma menemukan bahwa pembangkit listrik barat laut China telah melampaui UE dalam indikator inti penggunaan energi terbarukan, mencapai tingkat terdepan di dunia.

Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3346 seconds (0.1#10.140)