Lulusan Apa yang Dibutuhkan Pertamina? Berikut 15 Jurusan D3 dan S1 yang Banyak Dicari

Rabu, 21 Februari 2024 - 11:56 WIB
loading...
Lulusan Apa yang Dibutuhkan Pertamina? Berikut 15 Jurusan D3 dan S1 yang Banyak Dicari
Salah satu jurusan yang dibutuhkan Pertamina adalah Manajemen. Adapun tugas dari lulusan ini akan mengurus manajerial perusahaan. Foto/Ist
A A A
JAKARTA - Ini daftar 15 jurusan D3 dan S1 yang lulusannya banyak dibutuhkan Pertamina. Kamu punya cita-cita berkarier di Pertamina? Selain giat belajar, memilih program studi (prodi) yang cocok bekerja di dunia perminyakan tentu menjadi salah satu strateginya.

Seperti diketahui Pertamina adalah salah satu perusahaan BUMN yang banyak merekrut lulusan perguruan tinggi. Sebagai perusahaan yang bergerak di bidang minyak dan gas, Pertamina selalu menjadi incaran banyak mahasiswa dan fresh graduate. Lalu jurusan seperti apa yang lulusannya banyak dicari Pertamina? Artikel kali ini akan membahasnya, simak ya!

15 Jurusan D3 dan S1 yang Lulusannya Banyak Dibutuhkan Pertamina


1. Manajemen

Lulusan dari Jurusan manajemen akan dibutuhkan banyak perusahaan BUMN, termasuk Pertamina. Adapun tugas dari lulusan ini akan mengurus manajerial perusahaan.

2. Teknik Elektro


Pertamina dan anak usahanya memiliki banyak mesin untuk operasional. Maka dari itu, lulusan dari Teknik Elektro ini memang diperlukan untuk berkarier di Pertamina.

3. Teknik Industri


Sebagai perusahaan yang bergerak di sektor minyak dan gas, keberadaan ahli industri sangat krusial untuk menjamin kelangsungan pekerjaan. Untuk itu, lulusan Teknik Industri memang cukup diperlukan di Pertamina.

4. Teknik Mesin


Sama halnya dengan lulusan Teknik Elektro, Teknik Mesin punya andil dalam merancang dan mengawasi mesin operasional yang ada. Oleh karena itu, lulusan jurusan ini dibutuhkan untuk berkarier di Pertamina maupun perusahaan karya lainnya yang dimiliki BUMN.

5. Teknik Sipil


Jurusan Teknik Sipil biasanya meluluskan mahasiswa yang siap merancang, membangun, serta merenovasi seluruh infrastruktur dan bangunan. Untuk itulah, lulusan jurusan ini banyak dibutuhkan, termasuk Pertamina.


6. Teknik Perminyakan


Pertamina yang bergerak di bidang bisnis minyak, maka membutuhkan lulusan Teknik Perminyakan lebih banyak. Jika kamu lulusan dari jurusan ini, tidak ada salahnya bisa bersaing dalam Rekrutmen Bersama BUMN 2024.

7. Teknik Pertambangan


Lulusan dari Teknik Pertambangan cukup dibutuhkan oleh anak usaha Pertamina. Karena, mereka memiliki keahlian dalam mengeksplorasi sumber daya alam yang ada.

8. Ilmu Hukum


Perusahaan kecil sampai besar tentu memerlukan orang yang paham aturan pemerintah maupun masalah hukum. Untuk itu, lulusan Ilmu Hukum dibutuhkan banyak perusahaan, termasuk Pertamina.

9. Administrasi Niaga


Lulusan dari Jurusan Administrasi Niaga akan ikut membantu memasarkan semua produk dan mengembangkan bisnis yang dimiliki Pertamina. Jadi, bila kamu lulusan ini, jangan sampai hilangkan kesempatan untuk berkarier di Pertamina.

10. Teknik Fisika


Lulusan Teknik Fisika juga bisa bekerja di Pertamina. Bahkan, posisi yang tersedia cukup banyak dari lulusan jurusan ini.

11. Teknik Informatika


Perusahaan terus mengikuti perkembangan teknologi, terutama teknologi digital. Oleh karena, lulusan Teknik Informatika cukup diminati banyak perusahaan, termasuk Pertamina maupun perusahaan BUMN lainnya.

12. Teknik Mekatronika


Secara keilmuan, Jurusan Teknik Mekatronika merupakan gabungan dari beberapa keilmuan. Misalnya, Teknik Mesin dengan Teknik Elektro yang tujuannya menghasilkan suatu produk atau mesin otomatis yang cerdas.

Karena kemampuannya yang cukup baik dalam menghasilkan produk atau mesin otomatis, maka lulusan jurusan ini cukup dibutuhkan di dunia kerja, seperti Pertamina maupun perusahaan-perusahaan besar lainnya.

13. Akuntansi


Terkait urusan keuangan perusahaan pasti membutuhkan lulusan dari jurusan ini. Jadi, bagi mereka yang lulus dari jurusan ini, bisa bersaing masuk ke Pertamina maupun perusahaan BUMN lainnya.

14. Psikologi


Lulusan dari Jurusan Psikologi cukup diminati banyak perusahaan, termasuk Pertamina. Sebab, lulusan dari jurusan ini akan mengurusi sumber daya manusia (SDM) yang dimiliki perusahaan.

15. Teknologi Informasi


Lulusan dari Jurusan Teknologi Informasi dibutuhkan untuk mengelola sistem atau teknologi olah data, termasuk implementasinya. Maka dari itu, lulusan jurusan ini cukup penting keberadaanya di suatu perusahaan.

(wyn)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1259 seconds (0.1#10.140)